• Sun. Oct 24th, 2021

TMB SIAP GELAR SELEBRASI ADAT DAN BUDAYA

ByRedaksi SulutHebat

Jun 17, 2017
Pertemuan TMB

SULUTHEBAT.COM, Minahasa– Seolah tak ada hentinya tanah Minahasa diguyur beragam ajang budaya. Gabungan Organisasi Kemasyarakatan (ORMAS) yang menyebut diri Tou Minahasa Bersatu (TMB) sudah mengadakan rapat panitia persiapan  Selebrasi Adat dan Budaya Malesung. Rapat ini digelar Sabtu (17/06/2017) di situs budaya Watu Pinawetengan yang berlokasi tak jauh dari ro’ong (desa) Pinawetengan, Kec. Tompaso, Kab. Minahasa.
Melvin Katopo sebagai salah satu penggagas kegiatan ini mengatakan, via messanger,   bahwa kegiatan yang hendak digelar adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan TMB demi menjaga tradisi dan kebudayaan Minahasa.
Selanjutnya, Katopo yang biasa dipanggil Tonaas itu, mengatakan, “TMB adalah sebuah wadah persatuan antar sesama tou (orang) Minahasa yang mau menjaga dan mengembangkan kebudayaan Minahasa”.
Berbagai upaya sedang dilakukan untuk menyukseskan event bertema Minahasa itu. Salah satunya dengan membentuk panitia pelaksana kegiatan. Yang telah dipilih menjadi panitia inti terdiri dari orang-orang yang merupakan perwakilan ormas dan  komunitas budaya. Mereka yang sudah menyatakan komitmennya adalah Julius Walandow (Kaketeran Pisok), Maiyer Tanod (Maesaan Mou Malesung), Jersey Lumantow (Puser Minahasa). Masing-masing, secara berurut,  sebagai ketua, sekretaris dan bendahara.
Saat ditanya soal manfaat diselenggarakannya acara ini, Katopo yang juga adalah ketua Himpungan Penghayat Kepercayaan (HPK) SULUT ini menerangkan, “Tujuan utama kegiatan ini digelar adalah demi persatuan Tou Minahasa. Satu tanah atau darah, satu rasa, satu pikiran dan satu hati. Kesemuanya itu tujuan utamanya adalah pembentukan dewan adat Minahasa, kedua adalah pembuatan pasela kota Manado sebagai penjaga batas.”
Lebih lanjut, terkait tujuan dan asas wadah berhimpun TMB, Katopo berujar, “Tou Minahasa Bersatu berasaskan Pancasila dan Undang-undang 1945 serta Ta’ar Watu Pinawetengan dengan sistem musyawarah mufakat”. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...