• Thu. Oct 28th, 2021

Rapat Pembinaan dan Pengawasan, Pecahkan Permasalahan Daerah

ByRedaksi SulutHebat

Jun 24, 2017
Foto: Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Pusat

SULUTHEBAT.com, Bitung – Sekretaris daerah kota Bitung Drs. Audi Pangemanan AP MSi bersama seluruh Sekretaris daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesra dan Bagian Permerintahan se-Sulawesi Utara mengikuti Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Pusat yang dibuka oleh Asisten 1 Urusan Pemerintah dan Kesra Prov. Sulut Drs. John Palandung MSi di Ruang Pertemuan lt. 3, Best Western Hotel Manado baru-baru ini.

Dalam sambutannya, Palandung menjelaskan bahwa peran dan fungsi Pemerintah Daerah menjadi sangat penting dan sentral demi dinamis dan stabilnya roda pemerintahan dan pembangunan nasional.

“Harus senantiasa dikedepankan dan diefektifkan adalah pelaksanaan koordinasi, sinkronisasi, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan serta peningkatan kapasitas kerja atau kinerja birokrasi dalam pemberian pelayanan kepada Masyarakat,” jelasnya.

Ia mengatakan, Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Pusat adalah penting untuk diikuti, karena pada rapat ini mereka dapat membagikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di daerah/kota dan menyelesaikannya secara bersama.

“Dalam rangka meningkatkan kinerja birokrasi di Provinsi Sulawesi Utara, ada beberapa hal penting yang dibahas yaitu, mendukung arah kebijakan pembangunan agenda prioritas (Nawacita), memfasilitasi penyelesaian perselisihan batas daerah, percepatan pelayanan publik, pembinaan ketentraman dan ketertiban umum, menjaga sinergitas hubungan antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah, penanganan kawasan khusus perkotaan, pertanahan dan batas negara dan daerah, peningkatan kualitas dan kinerja kebijakan pembinaan dan pengawasan pemerintah di daerah, serta melakukan evaluasi pelayanan publik,” terang Palandung.

Sementara itu, Sekretaris daerah kota Bitung Drs. Audi Pangemanan AP MSi menuturkan, Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Pusat ini adalah ajang pemersatu, dimana semua pejabat terkait berkumpul menyelaraskan langkah dan upaya dalam menggalang persatuan dan kesatuan guna mendorong percepatan pembangunan di daerah masing-masing serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas dan menyeluruh.

“Rapat ini dapat berjalan dengan segala baik. Materi yang diberikan oleh pembicara adalah angin segar yang dapat menjadi pembaharuan bagi kita pimpinan daerah/kota,” ujarnya.

Menjadi pembicara pada Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Pusat adalah S. Haloman Pakpahan, Dr. Drs. Rizari MBA MSi dan Direktorat Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan kerjasama, sertabDitjen Bina Administrasi dan kewilayahan bersama tim. (Aji)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...