• Thu. Oct 28th, 2021

Hama Tikus Serang Padi Sawah Tondano

ByRedaksi SulutHebat

Jun 28, 2017
Sawah di Tondano

SULUTHEBAT.COM, Tondano – Petani Minahasa mengeluhkan soal hama tikus dan kolombi (sejenis kerang) yang kerap menyerang tanaman padi mereka. Hal ini terkonfirmasi dari pernyataan Fence Angkow ketika ditemui awak media Suluthebat.com di Tondano pada Rabu (28/6/2017).

“Padi ini kwa baru panen kalu so umur kira-kira tiga bulan 2 minggu. Mar ada ley tu laeng yang lebe mengganggu sampe padi ini gagal panen, terutama tikus deng kolombi, karna dorang suka skali makang deng se rusak daong-daong muda padi. Ne musti mo rawat kase akang obat,”ungkap pria yang sudah bertani sejak usia muda ini.

Fence Angkow juga berharap supaya bantuan untuk pertanian khususnya untuk petani kecil, yang mengolah tanaman padinya sendiri, diperhatikan. Khususnya bantuan seperti alat pengolah dan pestisida yang bagus dari pihak-pihak yang terkait.

Untuk ada kemajuan mo batanaman padi, kita berharap ada bantuan alat pengolah deng obat hama dari pemerintah, deng lebeh memperhatikan petani kecil sama deng torang,”keluh pria yang bersawah dekat kios makan boulevard Tondano tersebut.(Charly)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...