• Sun. Dec 5th, 2021

Mitra Aktifkan SISKAMLING, Warga Tombatu 2 Antusias Ronda Malam

SULUTHEBAT.COM, Tombatu – Sistem Keamanan Lingkungan (SISKAMLING) di setiap daerah Minahasa Tenggara kembali diaktifkan dan melibatkan langsung anggota masyarakat. Ada instruksi dari pemerintah kabupaten untuk mewajibkan seluruh perangkat desa dan warga masyarakat sipil laki-laki yang berumur di bawah 65 tahun untuk turut serta dalam kegiatan siskamling yang sudah berlangsung sejak tanggal 4 Juni 2017.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Jaga 4 Desa Tombatu 2, Neyser Golung yang ditemui langsung di Balai Jaga 4 yang saat itu terlibat langsung dalam kegiatan jaga malam. Beliau mengatakan bahwa siskamling diaktifkan kembali setelah ada isu-isu tentang kelompok radikal yang berpotensi masuk ke Sulawesi Utara dan untuk mengurangi potensi-potensi tindak kejahatan seperti pencurian, perkelahian dsb, sehingga diharapkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan jaga malam dan ronda malam.

Lanjut Golung, himbauan tersebut disambut baik oleh warga, khususnya warga masyarakat Tombatu 2, di mana warga masyarakat laki-laki yang berumur dibawah 65 tahun wajib turut serta dalam melakukan jaga malam sesuai jadwal yang sudah diatur oleh perangkat desa. 


Karena ada isu-isu ni kelompok radikal yang berpotensi mo maso di Sulut, jadi torang samua baik perangkat desa deng masyarakat dapa instruksi langsung dari bupati bahwa torang wajib turut serta di jaga malam deng ronda malam di masing-masing desa, dan itu diwajibkan for dorang yang umur 65 ka bawah. Selain itu supaya mo kurangi tu aksi pencurian, bakalae deng laeng-laeng“, kata Pala Jaga 4 ini.

Dia juga menambahkan bahwa program ini sudah jalan sejak tanggal 4 Juni karena mendapat respon baik dari masyarakat dengan antusiasme mereka dalam arahan pemerintah desa. Menurutnya juga ini merupakan simbol kerukunan di dalam desa ini.

Ketika ditanyakan mengenai hansip, beliau mengatakan bahwa sudah 2 tahun terakhir hansip tidak ada lagi di Minahasa Tenggara.


Di sisi lain, Barthel Sumendap, warga masyarakat jaga 4 tombatu 2 yang saat itu sedang melaksanakan jadwal jaga malam, mengatakan sangat mendukung program siskamling ini untuk kenyamanan dan keamanan desa.

Torang samua masyarakat musti turut serta dalam program ini, karena ini samua for torang pe keamanan desa“, ujar sumendap. (villio/swadi)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...