• Thu. Dec 2nd, 2021

Pentas Sastra 2017 Kembali Digelar Balai Bahasa Sulut

(Supriyanto Widodo, SS, M.Hum)

SULUTHEBAT.COM, Manado – Merasa sukses atas perhelatan Pentas Sastra tahun 2016 lalu, Balai Bahasa Sulut mencanangkan kembali program serupa di tahun 2017 sebagai salah satu program unggulan bagi para kreator sastra di Sulawesi Utara.

Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh kepala Balai Bahasa Sulut Supriyanto Widodo, SS, M.Hum saat ditemui wartawan suluthebat.com pada Rabu (5/6/2017) di kantor kerjanya.

“Produktivitas seniman di Manado khususnya para sastrawan sangat hebat dan luar biasa, terutama ide dan kreatifitas yang terangkum dalam karya sastra saat dipentaskan. Begitupun para apresian yang ada baik itu masyarakat umum maupun para pelajar sangat antusias menyaksikan pentas sastra ini. Hal inilah yang membuat kami tetap mengagendakan pentas sastra sebagai salah satu program unggulan Balai Bahasa Sulawesi Utara,” jelas Widodo.

Masih menurut Widodo bahwa dalam penetapan program Pentas Sastra ini Balai Bahasa telah mengajak seluruh tokoh sastra Sulut baik itu praktisi sastra maupun akademisi dalam bidang ilmu sastra untuk bersama-sama merancang suatu program yang barang tentu menjadi agenda bersama. Hal ini guna menjadikan pentas sastra sebagai atrium sastrawan Sulut.

Hal serupa diungkapkan lebih rinci oleh ketua panitia Pentas Sastra 2017 Deisy Mewengkang, M.Pd kepada suluthebat.com di ruang terpisah mengenai tujuan digelarnya ajang ini.

“Pentas Sastra ini bertujuan memberi ruang bagi para seniman khususnya sastrawan untuk saling mengapresiasi karyanya tanpa prosedur penjurian sebagaimana halnya suatu lomba dengan harapan dapat menumbuhkan minat generasi muda terutama bagi pelajar agar mencintai aktifitas bersastra sebagai media berbahasa” ujar Mewengkang,

Dalam penjelasannya Mewengkang mengatakan bahwa penjadwalan pentas teknisnya digelar dua kali dalam sebulan di tahun 2017 sesuai jadwal pentas yang disepakati dengan jenis pementasan berbeda-beda termasuk kelompok atau komunitas seni yang menyajikan pertunjukan.

Seperti diketahui, Pentas Sastra 2017 ini perdana dimulai Sabtu (8/07/2017) mendatang pada pukul 17.30 Wita di ruang pertunjukan Balai Bahasa jalan Diponegoro Manado dengan menu pementasan yakni 1. Lakon Keke Ambilingan 2. Baca Puisi 3. Pentas Monolog 4. Tarian. (jenry/swadi)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...