• Wed. Oct 20th, 2021

Mantapkan Sistem Informasi Desa, KKT UNSRAT Buat Website

ByRedaksi SulutHebat

Jul 13, 2017
Mahasiswa KKT Unsrat di Kumelembuai, Minsel.

SULUTHEBAT.COM, Minsel – Kegiatan Kuliah Kerja Terpadu (KKT) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) yang dimulai pada awal Juli 2017 lalu di Wilayah Minahasa Selatan, disambut baik oleh masyarakat dan pemerintah desa. Alasannya, program yang akan dilakukan memiliki manfaat besar bagi desa.

Ronaldo Kaligis, salah satu mahasiswa peserta KKT, saat dikonfirmasi wartawan suluthebat.comĀ  Selasa (11-7-2017) di posko KKT Kecamatan Kumelembuai mengatakan, pembuatan website desa adalah salah satu program kerja dari mereka. Itu himbauan yang telah disampaikan dalam pembekalan sebelum mereka terjun ke masyarakat.

Torang disini kan so ada program yaitu mo bekeng website desa deng sistem informasi manajemen desa. Dalam kegiatan KKT ini, selama 23 hari torang da ambe data tentang informasi penduduk dan juga samua tu yang jadi potensi di desa mo kase maso di sistem informasi desa (SimDes). Ini depe nama program tematik,” ujar Kaligis.

Kaligis juga menambahkan bahwa mereka memiliki program tematik dan non-tematik untuk desa dimana mereka tinggal untuk KKT.

“Selain program tematik, ada juga program non-tematik, misalnya turun ke sekolah-sekolah mo bekeng penyuluhan, contohnya kalo di TK torang mo kase sosialisasi tentang cara menyikat gigi yang benar,” tambahnya.

Di tempat lain, Juandi Polla, salah seorang tokoh pemuda saat dikonfirmasi Jumat (14/7/2017) mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Unsrat itu. Ia mengatakan, kegiatan pembuatan website desa ini penting.

Tu mo bekeng website desa deng sistem informasi desa ato tu profil desa itu penting. Tambah ley pa torang pe kampung ada aer terjun, ada tu puncak Kawiley, deng ada kein tu Batu Kapal yang blum banyak orang tahu. Sapa tahu boleh mo ta maso di website desa. Supaya esok-esok so banya ja ba kunjung pa torang pe kampung,” ujar mahasiswa Unima ini. (Allen/Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...