• Sat. Dec 4th, 2021

Ruas Jalan Kali – Ranoketang Sangat Memprihatinkan

ByRedaksi SulutHebat

Jul 13, 2017
Ruas jalan Kali – Ranoketang yang rusak.

SULUTHEBAT.COM, Mitra – Ruas jalan penghubung desa Kali kecamatan Tombatu dan Ranoketang kecamatan Touluaan Kabupaten Minahasa Tenggara sudah sangat memprihatinkan. Terpantau oleh awak media suluthebat.com, Kamis (13/7/2017), jalan tersebut nyaris berlubang dimana-mana.

Hukum Tua desa Kali, Aneke Mokat S.Pd menjelaskan bahwa keadaan jalan rusak dan berlubang besar sudah berlangsung lama. Bahkan pemerintah desa sudah pernah usulkan perbaikannya ke pemerintah pusat.

Kalo mo bilang so dari kapan rusak, so lama skali. Torang so pernah sampaikan ke pemerintah pusat, kong so pernah ada dari dinas PU provinsi yang maso disini. Cuma, untuk pembuatan talud desa Kali, itu pun cuma sekitar 275 meter yang dikerjakan,” ujar Mokat.

Menurut Mokat, sudah ada keluhan-keluhan dari masyarakat soal dampak dari kerusakan jalan, terutama dari petani-petani dan anak-anak desa Kali yang sering melintasi jalan tersebut. Itu beresiko kecelakaan.

“Dampaknya memang besar skali karena banyak warga yang lewat jalan itu kalo pi kobong pake kendaraan. Deng, kasihan itu anak-anak yang skolah di Touluaan, dengan jalan yang seperti itu gampang skali cilaka,” tutur Mokat.

Lanjutnya, Hukum Tua sangat mengharapkan perhatian Dinas Pekerjaan Umum untuk segera memperbaiki ruas jalan Kali – Ranoketang ini. Mengingat jalan ini adalah jalan provinsi yang menghubungkan Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan.

“Harusnya ini sudah bisa lebih diperhatikan lagi karena ini jalan Tombatu – Amurang, so lama skali kasiang rusak bagini. Ini jalan provinsi, jalan penghubung Mitra – Minsel, semoga somo ada perhatian dari pemerintah provinsi,” tandasnnya lagi. (Villio/Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...