• Wed. Oct 20th, 2021

Sosialisasi Akreditasi Puskesmas Tekankan Mutu Pelayanan

SULUTHEBAT.COM, Tondano –  Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa menfasilitasi kegiatan Sosialisasi Akreditasi Puskesmas yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Pemprov Sulut di  Desa Koya Kec. Tondano Selatan pada Kamis (13/07/2017). Kegiatan ini diikuti oleh puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Minahasa di antaranya Tompaso, Tonsea Lama, Sonder, Tana Wangko, Kawangkoan.

Dalam Materi “Sistem Manajemen Mutu” yang dipaparkan langsung oleh Dinas Kesehatan Pemprov Sulut mengatakan bahwa untuk menaikan pelayanan Puskesmas perlu melakukan program kerja sesuai pedoman dan standar.

“Agar pelayanan puskesmas menjadi lebih baik dan terakreditasi sebaiknya puskesmas melakukan program kerja sesuai dengan pedoman yang ada dan harus memiliki standar pelayanan yang baik untuk kenyamanan bersama,” ujarnya.

Pemateri juga menjelaskan bahwa setiap Puskesmas yang memenuhi syarat harus ada “mutu” pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien serta kebersihan Tempat Umum (TPU) harus diperhatikan Petugas Puskesmas yang ada di Kabupaten Minahasa, khususnya di desa-desa Dia juga menekankan harus ada laporan kerja kegiatan dan pedoman Standar Oprasional Puskesmas (SOP).

“Puskesmas harus membuat laporan kegiatan kerja dan juga SOP serta menaikan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien juga memperhatikan kebersihan tempat umum yang ada di puskesmas seperti toilet dll. Sehingga memenuhi syarat akreditasi,” jelas pemateri.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr. Yuliana Kaunang. (Charly/Swadi)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...