• Sun. Oct 24th, 2021

Sanggar Tumondei Gelar Pelatihan Menulis Skenario Film

ByRedaksi SulutHebat

Jul 18, 2017
Peserta STMS sedang mengikuti pelatihan menulis dari Benni Matindas.

SULUTHEBAT.COM, Amurang – Sanggar Tumondei Minahasa Selatan (STMS) sukses gelar kegiatan pelatihan menulis skenario film di desa Tondei Kecamatan Motoling Barat Kabapaten Minahasa Selatan, Sabtu (15/07/2017).

Kegiatan ini diikuti oleh anggota yang sudah diseleksi sebelumnya oleh pengurus STMS. Sebagai pembicaranya adalah Benni Matindas, pemimpin redaksi di salah satu surat kabar lokal. Matindas telah populer di kalangan para budayawan dan seniman Minahasa serta dunia kepenulisan di dalam dan luar Sulawesi Utara. Meski telah lama bermukim di Jakarta namun masih ingin terus berbagi ilmu dengan kawula muda Minahasa.

Dalam kegiatan tersebut peserta dibekali dengan materi tentang dasar-dasar ilmuĀ  budaya; pokok-pokok elementer penulisan skenario; penulisan susastra dan diskusi sastra.

Peserta Jufri Mogogibung mengatakan, kegiatan seperti itu sangat membantu dalam membekali generasi muda untuk menghadapi masa depan yang penuh dengan persaingan dan tantangan.

Torang bersyukur skali karna Om Benni so tolong pa torang. Deng tu materi itu torang bole dapa bekal for mo mangada tu masa depan. Keterampilan batulis so musti jadi torang pe skill,” ujar pemuda gondrong ini.

Di tempat dan kesempatan yang sama ketua umum STMS Yanli Sengkey mengatakan bahwa dia berharap ilmu dan keterampilan yang baru diperoleh oleh anggota organisasi dapat diterapkan segera untuk kepentingan kemajuan generasi muda dan sanggar lebih khusus.

Kita harap tu ilmu yang dorang dapa bole langsung pake. Apalagi, memang Sanggar Tumondei so bentuk tim for mo beking film dokumenter tentang sejarah desa. Percuma da blajar tu skill ini kalu nda langsung praktek,” ujar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNIMA ini. (Charli/Iswan)

 

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...