• Sat. Dec 4th, 2021

964.851 Domain Gratis Kemenkominfo Belum Diminati Masyarakat

ByRedaksi SulutHebat

Jul 21, 2017

SULUTHEBAT.COM, Jakarta – Berita baik untuk masyarakat Indonesia yang ingin memiliki website sendiri. Kini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan satu juta domain gratis bagi masyarakat Indonesia.

Kementerian Kominfo terus menggenjot program satu juta domain.id gratis pada tahun ini. Tahun lalu, instansi pemerintah ini baru memesan dan mengaktifkan 35.149 nama domain. Berarti masih ada sekitar 964.851 nama domain yang bakal Kominfo berikan sepanjang tahun ini. Untuk itu instansi pemerintah ini sudah menyiapkan dana Rp 100 miliar.

“Tahun ini harus sampai target satu juta domain. Kami mencoba dengan penetrasi memakai promosi digital sehingga jaringan promosi bisa lebih luas,” tutur Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kominfo Semmy A Pangerapan.

Kominfo berharap, domain yang sudah dibeli (reservasi) tersebut nantinya bisa dipakai oleh kalangan industri kecil dan menengah (IKM). Tapi, pihaknya juga mempersilakan bagi masyarakat perorangan yang ingin punya domain.id gratis tersebut. Selain domain gratis, Kominfo juga akan memberikan hosting dan pelatihan gratis. Nah, bila respon dari masyarakat dan pelaku usaha terhadap domain gratis ini positif, ada upaya dari pemerintah untuk melanjutkan menambah domain gratis.id tersebut.

“Kami lihat hasil yang satu juta domain ini dulu”, ketus Semmy.

Dari 35.149 domain gratis yang sudah aktif, 26.697 berasal dari IKM, 4.890 dari komunitas, 184 berasal dari pondok pesantren dan 27 dari desa.

Di Sulawesi Utara, para penggiat UKM, komunitas, desa, dan sekolah pun dapat turut mendaftarkan usaha dan instansinya untuk mendapatkan website dengan domain gratis. Contak person-nya adalah Lucky (08114339696) atau Primo (081286008700). (Iswan)

Sumber: www.suaramanado.com

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...