• Sat. Oct 23rd, 2021

SULUTHEBAT.COM, Manado – Wisatawan mancanegara berbondong-bondong mengunjungi daerah Sulawesi Utara. Wisatawan Cina berlibur ke Manado selang Juni-Juli. Tercatat ada 19 (sembilan belas) charter flight per minggu.

Kabag Humas Pemprov Sulut Roy R L Saroinsong SH, sebagaimana terkutip release dari Kementerian Pariwisata RI, Selasa (25/07/2017) menyatakan wisman dari Cina ke Manado semakin bertambah.

“Pada periode per minggu yang terbang dari Cina ke Manado (Sulut) melalui 19 charter flight dengan tingkat ketersediaan seat pesawat mencapai 200-212 kursi penumpang,” sebutnya.

Menurut Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwista (Kemenpar) RI, I Gede Pitana, selama kurun waktu dari 1 Juli 2016-Juli 2017 tercatat ada 47.794 wisatawan Tiongkok dari Guangzhou, Changsa, Wuhan, Sanghai, Shenzen, Chongqing, Chengdu dan Kunming, yang berkunjung ke Sulawesi Utara.

Deputi I Gede Pitana juga menambahkan, oleh pihak Maskapai Penerbangan Lion Air ditambahkan lagi tiga rute ke Tiongkok, masing-masing ke Changsa, Shenzen, Sanghai. Gunanya adalah melengkapi rute Guangzhou yang rutin saat ini. Dimana pada periode April-Juni, justru low season, yang hanya 13 flight per minggu.

Selanjutnya, I Gede Pitana optimis dengan penambahan jadwal penerbangan itu. Target Kemenpar RI akan menembus angka 130.000 turis Cina hingga Desember 2017 mendatang. Dan Manado punya objek wisata bahari dan taman laut Bunaken yang sudah mendunia.

“Kalau objek wisata pegunungan di Cina justru jauh lebih bagus, karena itu tiap kali satu Rombongan datang ke Manado, pasti trip schedule pertamanya adalah Bunaken,” tukasnya. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...