• Sat. Dec 4th, 2021

Menpora Lepas Gowes Pesona Nusantara 2017 Bersama Ribuan Masyarakat

ByRedaksi SulutHebat

Jul 29, 2017

SULUTHEBAT.COM, Manado – Menpora Imam Nahrawi didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steve O E Kandow, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal dan Walikota Manado Godbless Sofcar Vicky Lumentut
melepas peserta Gowes Pesona Nusantara (GTPN) 2017 etape Manado Fiesta, Sabtu (29/7).

Acara pelepasan tim GTPN 2017 yang berjumlah 15 orang, dihadiri lebih dari 3000 peserta Gowes yang ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Menpora bersama Gubernur Sulut.

Usai pelepasan, Menpora Nahrowi bersama Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur Sulut Steven O E Kandow bersepeda dengan diikuti oleh ribuan peserta Gowes mengelilingi Kawasan Mega Mas Boulevard. Selain itu, dilakukan upacara sakral penyerahan Tanah Pusaka dan Air yang berasal dari Pulau Bongkil yang merupakan pulau terluar Sulawesi Utara.

Tanah Pusaka dan Air diserahkan oleh Walikota Manado Godbless Sofcar Vicky Lumentut kemudian diteruskan kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan selanjutnya diserahkan kepada Menpora untuk dibawa keliling oleh peserta GTPN melewati 90 daerah hingga finish.

Pada kesempatan tersebut, Menpora Imam Nahrawi mengucapkan berharap HUT kota Manado yang ke-394 memberikan kekuatan dalam pengembangan daerah.

“Semoga ulang tahun ini senantiasa semakin diberikan kekuatan untuk mengembangkan daerah menuju kesejahteraan dan keadilan dan pada ujungnya masyarakat menjadi makmur dan masyarakat bisa merasakan anugerah yang diberikan Tuhan. Momentum ini sangat luar biasa, dimana kita semua berkumpul di untuk tempat ini,” kata Menpora Nahrawi ketika berada di Kawasan Mega Mas Boulevard, Manado, Sulawesi Utara.

Menpora mengatakan Gowes sebagai kegiatan pemanasan demi menjadikan sepeda sebagai salah satu alternatif transportasi.

“Hari ini sampailah di kota Manado, Sulawesi Utara. Gowes ini sebagai pemanasan untuk menjadikan sepeda sebagai salah satu alternatif transportasi. Karena kalau melihat kepadatan, baik pengguna jalan maupun alat transportasi di masa-masa akan datang sangat mencemaskan. Karenanya sepeda menjadi salah satu alternatif dan saya berharap ke depan ada hari sepeda nasional,” ucap Menpora.

GTPN ini memiliki track yang terus menyambung dari satu daerah ke daerah lainnya. Dimulai serentak dari empat titik terluas Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Tarakan, dan Atambua, kemudian berakhir di Magelang, Jawa Tengah pada perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017.

Peserta dari 90 kabupaten/kota akan mengikuti gelaran besar ini dengan tujuan untuk memperkenalkan wisata, kuliner, seni dan budaya daerah-daerah di Indonesia. (Villio/Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...