• Sat. Oct 23rd, 2021
Suasana latihan Kawasaran di desa Boyong Atas.

SULUTHEBAT.COM, Amurang – Minahasa dikenal dengan berbagai tradisi adat dan istiadat yang sejak dulu dijaga nilai-nilai luhurnya. Ini berlaku, tak terkecuali, di Desa Boyong kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Beberapa orang di kampung tersebut saat ini tengah bersiap membentuk tim kawasaran.

Latihan-latihan pun sudah dilakukan selama dua minggu. Itu terlihat tatkala awak media suluthebat.com bertandang langsung ke desa yang terletak di kaki gunung Lolombulan itu, Minggu (13/8/2017).

Yani Merentek salah satu peserta latihan mengungkapkan perasaannya terkait keikutsertaannya dalam latihan ini.

Ini torang semangat mo latihan apalagi torang sebagai orang Minahasa kong nda tahu torang pe tradisi luhur dulu. Sama deng rupa torang ba injang di tana mar torang nda tahu itu sapa pe tana,” ucap Merentek.

Di sisi lain, Israel Pendong salah satu motivator pembentukan komunitas seni budaya menyampaikan bahwa mereka intens dalam beberapa minggu terakhir melakukan latihan kawasaran agar bisa terlibat dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Selain persiapan ni pembentukan kelompok kawasaran, dorang lei kita kase semangat for iko di tanggal 17 Agustus for pawai hari kemerdekaan Indonesia. Itu sekaligus mo kase tunjung pa desa-desa di sekitar kalu Boyong Atas so ada klompok kawasaran,” tutur Pendong.

Diketahui ada beberapa orang luar desa Boyong yang ikutserta dalam latihan ini, yaitu dari desa Tawaang dan Makasili. (Yanli/Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...