• Sun. Dec 5th, 2021
Para Duta Batik Minahasa terus menekuni corak baru kearifan lokal Minahasa

 SULUTHEBAT.COM, Manado – Mengisi Hari Kemerdekaan RI yang ke 72, seniman Batik Minahasa menelorkan kreasi baru dengan terus membatik di Wale Batik Minahasa, Perumahan PDK, Malalayang – Manado, Kamis (17/08/2017).

Puluhan Duta Batik Minahasa dihadirkan owner Sandra Rondonuwu untuk tetap eksis berkreasi. Kiprah Batik binaan Sandra Rondonuwu terbilang berhasil. Hingga kini telah memproduksi puluhan pola dan motif yang diangkat dari kearifan lokal Minahasa.

“Coraknya memang berasal dari kearifan lokal Minahasa. Animo terhadap corak Batik Minahasa sudah sangat banyak, tergantung ragamnya dari keluaran terbaru,” ungkap Duta Batik Minahasa, Pingkan Kiolol kepada suluthebat.com, Jumat (18/08/2017).

Lanjut dikatakan, berkat tuntutan Sandra Rondonuwu yang konsern dengan corak keminahasaan yang menjadi pola dasar Batik Minahasa hingga mereka membatik dengan serius.

“Dan kami Duta Batik Minahasa sangat antusias membatik motif-motif baru,” tutur Pingkan, mahasiswa semester akhir Fakultas Teknik Unsrat Manado ini.

Seperti diketahui corak Batik Minahasa cukup mendunia. Sejumlah fashion show busana internasional sudah diikuti. Terakhir ajang Sulut Expo Nederland pada bulan Maret 2017 lalu, rancangan Marselina Anggi dari Wale Batik Minahasa membuat kejutan.

Siluet gaun Batik Minahasa meski dikemas modern namun unsur tradisional khas Minahasa tetap saja ditonjolkan.(Vanny)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...