Aquatic Weed Harvester Solusi Masalah Danau Tondano

by -369 views
(Gubernur Sulut sedang berpidato)

SULUTHEBAT.COM, Tondano – Danau Tondano yang telah familiar dengan masalah eceng gondok dan material sedimentasi bakal segera teratasi. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) akan menggunakan kapal Aquatic Weed Harvester yang berfungsi untuk mengangkat eceng gondok dan sedimentasi yang ada di Danau Tondano. Hal itu diungkap oleh Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemprov Sulut pada Senin (21/08/2017).

Pengoperasian kapal ini merupakan salah satu upaya Gubernur Olly Dondokambey, SE untuk membantu Kabupaten Minahasa mengatasi masalah yang disebabkan oleh tanaman gulma itu. Dia juga memproyeksikan akan dilakukan penataan kembali terhadap Danau Tondano yang merupakan satu dari 15 danau di Indonesia yang dilindungi. Apalagi,  danau ini tidak hanya menjadi ikon Sulawesi Utara khususnya Minahasa tapi juga menjadi nadi perekonomian masyarakat.

Selain itu, banyak sekali fungsinya mulai dari sumber air minum PDAM, pembangkit listrik, juga sebagai sumber pencarian nelayan dan pemilik tempat makan serta lokasi wisata.

Diketahui, Aquatic Weed Harvester dikembangkan untuk memungkinkan pemeliharaan kanal, danau, dan sungai dan untuk menghilangkan kehidupan akuatik yang berlebihan seperti eceng gondok dan tanaman lainnya yang dapat berdampak negatif pada ekologi jalur air . (Yanli/Swadi)

About Author: Redaksi SulutHebat

Gravatar Image
Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...