• Thu. Oct 28th, 2021
Konfrensi pers panitia lomba pacuan kuda.

SULUTHEBAT.COM, Manado – Gubernur Olly Dondokambey optimis untuk mengembalikan kejayaan berkuda di bumi Nyiur Melambai seperti di era 80-an.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Rony Siwi mengatakan bahwa pihaknya sementara melakukan komunikasi dengan para atlit berkuda asal Sulut agar bisa memperkuat daerah ini kembali.

“Gubernur dan Wakil Gubernur menginginkan kejayaan berkuda Sulut dapat kembali dikenal daerah luar,” kata Siwi, Rabu (6/9/2017).

Terkait dengan itu, berbagai upaya perlombaan pacuan kuda terus digelar, termasuk pacuan roda sapi dan bendi yang memperebutkan piala gubernur dan wakil gubernur serta walikota dalam rangka menyambut HUT Provinsi ke-53.

Ketua panitia Lomba Berkuda Roda Sapi dan Bendi Ferry Wowor menuturkan, perlombaan pacuan ini akan berlangsung di lapangan pacuan Kuda Balitka Paniki, Manado.

“Banyak peserta berkuda dari luar daerah yang akan ikut serta. Perlombaan yang akan digelar pada 9 September mendatang diyakini dapat menarik mata wisatawan berkunjung ke Sulut,” tuturnya dalam konfrensi pers di hotel Peninsula Manado.

Mantan pengurus Pordasi Sulut ini berharap rutinnya perlombaan pacuan kuda dapat mendatangkan kembali atlit-atlit berkuda Sulut di luar daerah dan sebagai upaya regenerasi atlit berkuda di daerah ini.

Lomba-lomba yang akan digelar memperebutkan piala Gubernur Sulut,Wakil Gubernur Sulut, Sekretaris Provinsi Sulut, Walikota Manado, Ketua Baguna Sulut, Kadispora Sulut, Kadis Pariwisata Sulut, Kadispora Manado dan Kadis Pariwisata Manado. (Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...