• Sun. Dec 5th, 2021
Suasana kegiatan.

SULUTHEBAT.COM, Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tawarkan 1.579 lowongan kerja (loker) yang berasal dari 50 perusahaan berskala regional maupun nasional dalam job matching (pemasaran tamatan), Kamis (28/9/2017).

Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam sambutannya,  mengapresiasi kegiatan itu. Dia berharap seluruh lulusan SMK bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan mematuhi semua aturan yang ditetapkan seluruh perusahaan peserta job matching.

“Atas nama gubernur, saya mengapresiasi job matching ini. Saya harap seluruh lulusan SMK yang sedang mencari kerja mampu memanfaatkan peluang ini dan menunjukkan keahlian atau keterampilan yang dimiliki,” ucapnya.

Steven juga mengapresiasi keterlibatan puluhan perusahaan yang telah membuka lowongan kerja dalam job matching. Hal itu berdampak pada turunnya angka pengangguran di Sulut.

“Ini sangat mendukung program Pemprov Sulut dalam rangka penyerapan tenaga kerja guna mengurangi angka pengangguran, meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Meskipun demikian, Kandouw juga meminta pihak perusahaan agar mengutamakan tenaga kerja lokal. Sehingga, dapat membantu pembangunan daerah.

“Persaingan tenaga kerja semakin ketat. Apalagi UMP Sulut terbesar ketiga di Indonesia. Saya ingin perusahaan lebih mengutamakan tenaga kerja lokal,” harap Kandouw pada acara yang bertema Raih Kesempatan dan Gapai Masa Depanmu itu.

Kepala Dinas Pendidikan, Gemmy Kawatu menjelaskan tujuan dilaksanakannya job matching itu.

“Kegiatan job matching ini untuk mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha atau industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah. Juga untuk meningkatkan hubungan kerjasama SMK dengan dunia usaha dan industri,” tandasnya.

Pelaksana job matching Moodie Lumintang, perwakilan perusahaan penyedia lowongan kerja, Disnakertrans dan para lulusan SMK di Sulut, juga turut hadir. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...