• Tue. Oct 19th, 2021
Suasana unjuk keahlian menembak Gubernur Olly Dondokambey.

SULUTHEBAT.COM, Manado – Dalam rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE resmikan Lapangan Tembak Pistol Pierre Andreas Tendean, Minggu (1/10/2017)  di Makodam XIII/Merdeka Manado.

Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol sirene pembukaan tirai selubung papan nama lapangan tembak oleh Olly yang disaksikan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Ganip Warsito.

Gubernur Olly mengapresiasi Pangdam Ganip terkait dipilihnya nama pahlawan revolusi Pierre Andreas Tendean untuk diabadikan menjadi nama lapangan tembak pistol di Makodam XIII Merdeka.

“Saya merasa gembira dan mengapresiasinya karena pahlawan revolusi Pierre Andreas Tendean yang telah berjasa bagi bangsa ini dapat dijadikan panutan dan dibanggakan oleh seluruh masyarakat Sulawesi Utara,” ujar Dondokambey.

Pada acara yang berlangsung penuh kekeluargaan itu, Olly juga ikut unjuk kebolehan menembak dengan pistol.

Diketahui, Kapten Czi. (Anumerta) Pierre Andreas Tendean (1939-1965) adalah seorang perwira militer Indonesia yang menjadi salah satu korban peristiwa Gerakan 30 September pada tahun 1965.

Mengawali karier militer dengan menjadi intelijen dan kemudian ditunjuk sebagai ajudan Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution dengan pangkat letnan satu, ia dipromosikan menjadi kapten anumerta setelah kematiannya.

Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan bersama enam perwira korban Gerakan 30 September lainnya dan ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi Indonesia pada 5 Oktober 1965. (Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...