• Tue. Oct 19th, 2021

Masyarakat Aertembaga Gelar Ziarah Kultura Di Watu Pasela

ByRedaksi SulutHebat

Oct 6, 2017
Kawasaran kumeter Tonsea.

SULUTHEBAT.COM, Bitung – Kecintaan masyarakat Kota Bitung terhadap seni dan budaya Minahasa kembali ditunjukan oleh warga Aertembaga Kota Bitung. Buktinya, Jumat (6/10/2017) berbagai komunitas budaya Minahasa dari berbagai etnis berbondong-bondong hadiri ziarah kultura yang selenggarakan oleh masyarakat setempat.

Upacara adat yang dipimpin oleh Tonaas Rinto Taroreh ini, sejak subuh mulai dipersiapkan. Setelahnya,  Tonaas meminta perlindungan kepada yang kuasa untuk melindungi jalannya upacara adat. Selanjutnya,  rombongan yang di kawal oleh Kawasaran dari komunitas budaya Kumeter Tonsea mendampingi para peserta yang hadir menuju di situs budaya Watu Pasela Aertembaga.

Sesampainya di situs Watu Pasela, kelompok kawasaran langsung membersihkan tempat bersejarah tersebut ditandai dengan mengangkat sampah dan rumput yang menggangu di area batu. Kegiatan yang menarik perhatian masyarakat disekitarnya langsung menghampiri dan menyaksikan jalannya kegiatan itu. Tetua kampung Aertembaga berdoa memohon perlindungan dan meminta berkat dari Tuhan untuk Desa yang berada di pesisir pantai Kota Bitung itu.

Tarian perang Minahasa ditampilkan pada kegiatan yang menghadirkan berbagai komunitas budaya di tanah Minahasa. Setelahnya, rombongan Kawasaran diarahkan menuju kegiatan Fetival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2017. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...