• Sat. Oct 23rd, 2021

Ratusan Penari Kawasaran Banjiri FPSL 2017

ByRedaksi SulutHebat

Oct 6, 2017
Wali kota dan Wakil Wali Kota Bitung menghadiri upacara adat Minahasa.

SULUTHEBAT.COM, Bitung – Ratusan penari Kawasaran yang tergabung dalam berbagai komunitas seni dan budaya di tanah Lumimuut-Toar banjiri pembukaan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2017 yang diselenggarakan di Bitung, Jumat (6/10/2017).

Usai ziarah di situs budaya Watu Paselah yang tak jauh dari tempat pembukaan FPSL 2017, rombongan penari Kawaran menuju tempat kegiatan dan menggelar upacara adat Minahasa yang dipimpin langsung oleh Rinto Taroreh. Kegiatan yang meriah ini didampingi oleh beberapa tua-tua kampung yang juga turut mengambil bagian pada hajatan yang setiap tahun digelar ini.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban dan Wakil Wali Kota Maurits Mantiri juga turut ambil bagian dan kedua pemimpin ini memakai susu’unan (Ikat kepala orang Minahasa). Ritual adat yang sebelumnya didahului dari Watu Pasela ini bertujuan  memaknai pesan leluhur Minahasa lewat perantara hati babi.

Setelah kegiatan upacara adat selesai, kegiatan dilanjutkan dengan tarian Maengket, dan tarian itu membuat suasana panas terik matahari menjadi lebih meriah dan semakin megah diakhiri dengan pembacaan puisi dari Komunitas Seni Mandiri (KONSEN) Minahasa. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...