• Wed. Oct 27th, 2021
Berpose bersama usai kegiatan. Foto: Rillya Gobel New.

SULUTHEBAT.COM, Manado – Dinas Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) menggelar sharing strategi pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara. Kegiatan ini bertempat di Hotel Lagoon, Sabtu (7/10/2017). Kepala Dinas Daniel Mewengkang membuka langsung acara yang menghadirkan narasumber dari kementrian pariwisata Repubik Indonesia (RI).

Ada beberapa bahan materi yang disediakan antara lain materi destinasi dan kesiapan destinasi pariwisata di Sulut, yang langsung dibawakan oleh Dadang Rizki Ratman Deputi Pengembangan Destinasi dan industri pariwisata Kementerian Pariwisata. Kegiatan tersebut membicarakan strategi pengembangan destinasi di 15 Kab. Kota dengan memperhatikan 3 aspek utama yaitu 3 A: Atraksi (pengembangan dan pengelolaan daya tarik wisata baik objek budaya, alam dan buatan), Aksebilitas: Sarana transportasi darat, laut dan udarah, Amenitas: Pengadaan sarana prasarana umum (listrik, air, telekomunikasi dan pengelolaan limbah), pembangunan fasilitas umum (toilet, parkir, perbankan, kesehatan, keamanan), fasilitas pariwisata (Homestay, desa wisata, pusat informasi pariwisata, souvenir, resto)

Selanjutnya dia menjelaskan, dalam merencanakan target harus memahami dampak terhadap sosial budaya, pelestarian lingkungan hidup dan nilai ekonomi, jumlah kunjungan yang meningkat di sulut harus dievaluasi apakah berdampak langsung pada masyarakat khususnya dalam hal ekonomi.

“Kementerian pariwisata melalui Deputi destinasi dan industri siap membantu apabila masyarakat/pelaku usaha jasa bermaksud membangun Homestay. Karena program homestay ini diprioritaskan masyarakat/pelaku usaha sebagai pengelola, bukan Pemerintah,” jelasnya.

Deputi menyarankan untuk dibentuk tim percepatan pengembangan pariwisata yang beranggotakan instansi terkait, stakeholder/pelaku pariwisata, akademisi, legislasi, akademisi, tokoh masyarakat yang bertugas memantau, mengevaluasi, memberikan saran, masukan untuk pembangunan pariwisata dan melaporkan secara reguler hasilnya kepada pimpinan daerah.

Penyampaian usulan tersebut, dari Dinas Pariwisata Sulut akan segera ditindaklanjuti. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...