• Tue. Oct 19th, 2021

K’se Kocak Usaha Berbasis Mapalus Tou Bitung

ByRedaksi SulutHebat

Oct 8, 2017
Stand K’se Kocak di Festival Pesona Selat Lembeh. Foto: Henro Rompas.

SULUTHEBAT.COM, Bitung – Festival Pesona Selat Lembeh 2017 ramai dikunjungi masyarakat Bitung, di luar Bitung bahkan wisatawan asing tak luput  melewatkan acara tahunan Kota yang berjulukkan Kota Cakalang ini. Menarik perhatian khalayak ramai di acara tersebut stand-stand yang memamerkan hasil karya seniman-seniman lokal yang berkembang di daerah tersebut.

Salah satu stand yang mendapat bagian yaitu K’se Kocak. Stand ini memamerkan berbagai hasil karya yang berbasis lokal yang diolah menjadi sesuatu yang menarik perhatian khalayak ramai. Henro Rompas menyampaikan K’se Kocak merupakan usaha Mapalus mereka.

“Ini torang di stand pameran kesenian dan kebudayaan, merupakan usaha kreatif kami dan ini usaha belum terlalu lama, tetapi usaha secara pribadi atau perorangan sudah lumayan lama,” ucap Rompas, Minggu (8/10/2017).

Kecintaan akan tradisi dan kebudayaan daerah membuat kelompok ini memilih usaha yang berbasis lokal. Dia juga menyebutkan produk andalan di stand tersebut.

“Kami sengaja memilih usaha berbasis lokal, karena kami cinta daerah sendiri dan terlebih lagi kami mencintai kekayaan alam di tanah sendiri. Produk andalan yang kami jual adalah kerajinan tangan berbahan dasar kelapa, karena bahannya mudah ditemukan dan ramah lingkungan,” sebut Ketua komunitas Makatana Minahasa Bitung ini dengan senyum.

Terakhir dia menjelaskan soal memilih nama K’Se Kocak karena sesuai keadaan kota yang kaya akan ikan cakalang, sehingga lahirlah nama K’Se Kocak yang dengan kepanjangan, Komunitas Seni Kota Cakalang. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...