• Wed. Oct 27th, 2021

Masyarakat Harus Jaga Terumbu Karang dan Penyu di Perairan Bitung

ByRedaksi SulutHebat

Oct 9, 2017
Gubernur dan sejumlah pejabat berpose bersama di Bitung.

SULUTHEBAT.COM, Manado – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE himbau masyarakat jaga ekosistem di laut. Termasuk penyu dan terumbu karang di perairan Bitung.

Dalam kunjungannya ke Kota Cakalang itu, Olly bersama Walikota Bitung Max Lomban, Wakil Walikota Maurits Mantiri dan Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Eddy Setiawan melepaskan puluhan ekor tukik (anak penyu) ke laut.

“Kita harus peduli menjaga biota laut termasuk penyu,” tutur Olly usai melepas tukik di Pangkalan Satkamla TNI AL Bitung, Senin (9/10/2017).

Menurut orang nomor satu di Sulut itu, terumbu karang memiliki manfaat yang besar. Bukan saja sekedar menjadi tempat hidup dan berkembang bagi biota laut belaka, akan tetapi mempunyai peran dan fungsi yang tidak bisa kita remehkan bagi lingkungan secara keseluruhan serta bagi kehidupan manusia.

“Dengan melihat begitu besarnya manfaat terumbu karang bagi lingkungan dan manusia untuk itu saya mengajak mari kita jaga dan lestarikan bersama,” ucapnya.

Walikota Bitung Max Lomban menerangkan kegiatan transplantasi terumbu karang dan pelepasan tukik di perairan Bitung telah berulangkali dilakukan.

“Setiap tahun kami selalu melakukan tranplantasi terumbu karang di kawasan konservasi laut seluas 10 ribu hektar. Termasuk dengan melepas tukik dan ikan kerapu,” ujarnya.

Kegiatan itu turut dihadiri perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Ir. Ronald Sorongan dan masyarakat Bitung. (Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...