Luncurkan SMANDING 4.0, SMA N 1 Modoinding Jadi Sekolah Negeri Pertama Berbasis Full Digital

by -1,167 views

MODOINDING-Suluthebat.com. Dalam rangka pengembangan sekolah di era transformasi digital, sekolah menengah atas negeri (SMAN) 1 Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan, meluncurkan program pengembangan sekolah yang bertajuk Smanding 4.0, baru-baru ini.

SMANDING 4.0 ini sendiri merupakan hasil gagasan para guru yang dipromotori oleh operator sekolah Toar Pondaag, S.Kom. Menurutnya, program ini memiliki empat elemen. Yakni;
Pertama, Digital Equality yang bertujuan meningkatkan sarana dan prasarana berkaitan dengan penambahan perangkat jaringan bekerja sama dengan PT. Telkom untuk memberikan internet gratis bagi semua warga sekolah.

Kedua, E-learning bertujuan untuk memfasilitasi para guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar mulai dari tahap perencanaan kegiatan pembelajaran sampai tahap penilaian seperti RPP digital, management materi online, management tugas online, ujian online, AKM online dan pengelolaan nilai online atau eraport.

Ketiga, yaitu E-Sport, yang bertujuan untuk menunjang prpgram ekstrakurikuler dengan harapan dapat memberikan skill dan pengetahuan pada siswa agara dapat miliki fundamental dalam mengembangkan minat dan bakat dibidang tersebut.

Keempat, yaitu SMANDING E-Commerce, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa untuk belajar dan mengaktualisasikan prinsip peningkatan ekonomi UMKM berbasis digital yang dikelola sekolah seperti pengembangan kuliner berbahan dasar hortikultura.

Sementara itu, Kepala SMA N 1 Modoinding, Noldy Masengi, menjelaskan program SMANDING 4.0 merupakan respon terhadap kebutuhan pendidikan di era perkembangan teknologi yang bertepatan dengan pandemi Covid-19.

“Ini sangat bermanfaat bagi warga sekolah. Juga merupakan wujud kebebasan berkreatifitas bagi guru maupun siswa,” tutur Masengi.

Kesempatannya yang sama pula, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Minsel – Mitra, Drs. Max Lengkong, berharap agar sekolah lainnya dapat berinovasi dalam pengembangan teknologi sekolah seperti yang dilakukan SMA N 1 Modoinding.

“Ini merupakan mewujudkan slogan merdeka belajar dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Sulawesi Utara, bahkan mewujudkan misi pemerintah di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, SE., dan Drs. Steven O. E. Kandouw, yaitu meningkatkan sumberdaya manusia yang berkepribadian dan berdaya saing,”kata Lengkong.

Turut hadir dalam launching tersebut, Kadis Pendidikan Sulawesi Utara dr. Grace L. Punuh, M.Kes., yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMA, Arthur Tumipa, Kepala Seksie Pendidikan, Rinny Badar, beserta rombongan, pengawas domisili Nofry Lontoh, komite sekolah, guru-guru dan perwakilan siswa. (BIP)