• Tue. Nov 30th, 2021

ASITA Sulut Kunjungi Manamburi Hot Spring Lowian, Karouwan: Ini Satu-satunya di Sulawesi Utara

ByRedaksi SulutHebat

Oct 24, 2021

Maesaan, Suluthebat.com – Asosiasi Agen Perjalanan Wisata (ASITA) Sulawesi Utara (Sulut) di bawah komando Merry Karouwan bersama Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sulut melakukan kunjungan langsung di lokasi Manamburi Hot Spring Desa Lowian.

Wisata air terjun dan kolam pemandian air panas yang terletak di Desa Lowian, Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) itu memiliki keunikan tersendiri, dimana air panasnya mengalir seperti sungai dan tidak berbau. Namun saat ini lokasinya belum banyak diketahiu masyarakat luar daerah.

Ketua ASITA Sulut saat melakukan kunjungan mengungkapkan, tujuannya bersama tim adalah untuk menemukan destinasi baru, dan saat ini telah menemukan tempat wisata yang masih tersembunyi, untuk itu kedepan ASITA akan mempromosikan tempat ini agar lebih dikenal di kalangan masyarakat luas.

“Jadi tugas kami adalah untuk mempromosikan potensi wisata baru yang kami temui ini agar menjadi lebih dikenal,” ujar Ketua ASITA saat mengunjungi wisata air panas Desa Lowian, Minggu (24/10/2021).

Ia juga terkagum-kagum karena belum pernah menemui tempat seperti ini di sulawesi utara bahkan di Indonesia.

“Sangat luar biasa dan bagus. Saya belum pernah menemui tempat yang memiliki potensi wisata seperti ini dimana ada air terjun yang panas dan mengalir, airnya juga tidak berbau,” jelasnya.

Selain untuk mempromosikannya, ASITA Sulut akan melaporkan tempat ini kepada pemerintah dan dinas terkait agar mendapat perhatian, namun Karouwan berharap agar pemerintah dan masyarakat desa juga harus memiliki inisiatif sendiri dalam menjaga dan mengembangkan tempat wisata ini sehingga busa memberikan daya tarik juga target kunjungan wisatawan.

Hukumtua Desa Lowian James Joyke Tumiwa mengatakan saat ini wisata air panas (Manamburi Hot Spring) dikelola oleh BUMDes. Ia berharap dengan adanya kunjungan dari ASITA Sulut akan menjadikan tempat ini masuk dalam salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di sulawesi utara sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Tentunya kami akan terus melakukan pengembangan. Saya berharap potensi wisata yang kita miliki saat ini kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” pungkas Tumiwa.

Diketahiu kolam pemandian air panas ini diresmikan sejak tahun 2020 dan diambil dari anggaran dana desa tahun 2020. Hadirnya kolam tersebut merupakan buah kerja keras pemerintah desa (pemdes) dan badan pemusyawaraan desa (BPD) serta masyarakat Desa Lowian. (Pro)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...