• Tue. Nov 30th, 2021

Musda IJTI Sulut, Ini Pesan Amanda Komaling Kepada Pengurus Baru

ByRedaksi SulutHebat

Oct 27, 2021

Manado, Suluthebat.com – Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke IV untuk pemilihan ketua IJTI Sulut periode 2021-2024.

Amanda Komaling selaku Ketua IJTI Sulut bakal menikmati masa setelah selama dua periode memimpin IJTI Sulut, berpesan kepada pengurus baru yang akan dipilih nanti bahwa ada banyak pekerjaan rumah menanti.

“Pengurus yang sekarang nanti yang akan terbentuk mau melanjutkan lagi beberapa program yang sebelumnya sudah kami rancang, monggo, tetapi jika misalnya ada program-program baru yang akan dibikin oleh pengurus baru saya berharap bahwa di IJTI ke depan ada laboratorium untuk teman-teman atau mereka yang suka mau menggali lagi keilmuan mereka, kompetensi mereka di jurnalis televisi,” tutur Amanda, Rabu (27/10/2021).

Laboratorium tersebut pertama-tama sangat penting untuk teman-teman bisa melakukan pengembangan agar supaya nanti pada saat pelaksanaan uji kompetensi televisi-teman yang di daerah bekerja tidak memiliki kantor atau tidak memiliki sistem rapat redaksi seperti yang dilakukan oleh teman-teman yang biro di sini atau memiliki stasiun TVnya di sini teman-teman yang lain bisa merasakan laboratorium itu.

“Kemudian bisa ada pengkaderan bagi jurnalis-jurnalis yang saat ini kita tahu sekarang IJTI sudah mulai banyak yang suka masuk, proses seleksinya dengan baik karena di dalam keanggotaan itu adalah anggota yang mau memberikan dirinya untuk bekerja di dalam organisasi bukan dipanggil-panggil itu di ajak-ajak, nanti akan ada proses seleksi yang mungkin akan ditentukan oleh pengurus selanjutnya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Amanda, menyadari bahwa di kepengurusan sebelumnya mungkin banyak yang ada kekurangan-kekurangan atau program-program yang belum terlaksana.

“Kita tahu juga bahwa ada pandemi Covid 19, jadi mundurlah juga semua kegiatan-kegiatan, terkait semua akan kesiapan waktu dan tentu juga dengan anggaran,” ujarnya.

Begitu juga dengan pelaksanaan Musda yang mundur dari jadwal sebelumnya, tetapi ini bukan terjadi di pengurus daerah Sulawesi Utara, namun hampir tidak terjadi di beberapa pengurus daerah lainnya juga kepengurusan pusat yang mundur sedikit karena Covid 19.

Amanda juga berharap bahwa apa yang sudah dilakukan dia dan Marwan sebagai Sekretaris IJTI Sulut dimulai dari periode pertama dan kedua ini juga bisa menjadi bekal untuk kepengurusan selanjutnya.

“Satu yang ingin saya pesan bahwa di dalam organisasi itu menghidupi organisasi bukan mencari hidup di dalamnya jadi teman-teman yang di dalam itu bisa sama-sama saling beradaptasi dengan semua merek televisi bukan hanya satu merek saja karena di organisasi itu tidak melihat saya dari TV mana tapi yang kita lihat adalah kita sama-sama bekerja di bidang jurnalis televisi,” pungkas Komaling.

Menurutnya, di bidang jurnalistik televisi itu meningkatkan kompetensi adalah hal yang paling utama dan menjadikan kita mampu bekerja di dalam kita memasuki persaingan dimana nanti kita sudah masuk dalam era 4.0 yang tentunya kita juga akan menyambut TV digital pada tahun depan.

“Tentu ini akan meningkatkan peluang kita jika misalnya ada yang bilang ini menjadi satu ancaman, justru melihat ini adalah satu peluang bagi kita bagaimana kita meningkatkan lagi kompetensi untuk bisa kita menambah nilai jual kita dan Kita menyambut era TV digital di Tahun 2022,” tambahan.

Untuk itu Amanda berharap nanti kepengurusan berikut ada format yang akan dibikin itu betul-betul adalah orang yang mau bekerja dan mau mengembangkan organisasi ini bukan hanya secara internal tetapi juga mampu menjalin komunikasi dan membuka komunikasi antar lembaga. (Pro)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...