• Sun. May 29th, 2022

HIPPI Dan APDESI Sulut Teken MOU, Sepakat Majukan Sektor Usaha Perdesaan

Byadmin

Dec 3, 2021

MANADO-SULUTHEBAT.COM. Dua organisasi nasional, Himpunan Penguasaha Pribumi Indonesia (HIPPI) dan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Utara, Kamis, 2 Desember 2022 sepakat menjalin kerjasama dalam memajukan perekonomian masyarakat desa.
Kedua bela pihak yang masing-masing diwakili langsung oleh ketua DPDnya, yakni, Ketua DPD HIPPI Sulawesi Utara, Veldy Reynold Umbas, SE dan Ketua DPD APDESI, Raramenusa Makagiansar melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama dalam membangun perekonomian masyarakat desa.
Menurut Makagiansar hal ini sangat penting mengingat sekarang ini setiap desa sedang menggalakan Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes. Dalam pengembangannya, Bumdes membutuhkan jaringan bisnis dengan sesama pelaku usaha yang bisa menjembatani bahkan mewadahi berbagai usaha di desa yang sangat potensial dikembangkan.
“Saya lihat organisasi HIPPI sangat tepat menjadi mitra dari APDESI untuk pengembangan perekonomian di desan karena HIPPI benar-benar menyentuh pelaku usaha sektor riil yang benar-benar berada di tengah-tengah masyarakat desa. Karena itu, saya terbuka dan mengajak HIPPI Sulawesi Utara melalui ketuanya Bung Veldy Umbas agar mau bersinerji untuk memajukan BUMDes dan pengusaha lokal yang berada di desa-desa,”ujar Ram yang juga mantan wartawan olah-raga.
Hal senada juga disampaikan oleh Veldy Reynold Umbas bahwa organisasi HIPPI merupakan organisasi berhimpun yang fungsinya untuk mendorong, mewadahi dan memfasilitasi pengusaha lokal, untuk berkembang.
“HIPPI ini bukan organisasi elit. Bukan juga wadah para penguasaha yang elitis. Kami adalah himpunan pedangan kecil, UMKM dan semua pelaku usaha baik yang dipasar, dipinggir jalan dan siapa saja yang sangat giat mengupayakan usahanya untuk kemajuan. Karena itu, ekosistem HIPPI berada di pasar dan di desa. Maka menjadi mutlak bagi HIPPI untuk mengembangkan pengusaha desa, BUMDes dan pengusaha lokal untuk maju dan berkembang. Sehingga sudah tepat bila MoU HIPPI dan APDESI ini terjadi. Kami akan segera action dengan melakukan pelatihan pengemasan produk untuk BUMDes dan pengusaha desa,”tutur Umbas.(vr)