• Sun. May 29th, 2022

Wenny Lumentut : Kita Bangga Kamtibmas di Kota Tomohan

Byadmin

Dec 7, 2021
Wakil Wali Kota Tomohon

Tomohon, suluthebat.com – Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut, S.E, mengaku bangga dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Kota Tomohon hingga saat ini aman terkendali. Menurutnya, situasi Kamtibmas ini tidak terlepas dari kebersamaan yang telaah lama dibangun antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat.

Hal ini disampaikan Wenny Lumentut saat memberikan kata sambutan dalam acara Kegiatan Pelatihan Pengendalian Kemananan  Lingkungan di  Kota Tomohon yang berlangsung di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkot Tomohon, Senin (6/12/2021).

“Sebagai masyarakat kota tomohon, kita patut berbangga karena situasi dan kondisi keamanan, ketenteraman, ketertiban dan kenyamanan di kota tomohon sampai saat ini masih terkendali. Hal ini tidak lepas dari kebersamaan yang telah dibangun antara pemerintah, aparat keamanan dan komponen masyarakat,” ujar Wenny.

Wenny mengatakan kehidupan masyarakat yang aman dan nyaman merupakan suatu kondisi yang sangat didambankan oleh setiap insan manusia yang hidup dalam suatu tatanan kehidupan sosial yang terikat dengan aturan, kaidah dan norma.

“Untuk menciptakan kondisi yang demikian di era saat ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan tanpa adanya sinergitas antara pemerintah, masyarakat dan komponen pendukung lainnya,” ujarnya sambil menambahkan seiring dengan perkembangan zaman, informasi dan teknologi, semakin besar pula tantangan yang dihadapi oleh pemerintah dalam menciptakan situasi dan kondisi masyarakat yang aman, damai dan nyaman.

Meskipun Kamtibmas di Kota Tomohon aman terkendali, Wenny mengingatkan berbagai persoalan krusial dan sangat kompleks yang dihadapi oleh bangsa Indonesia di antaranya gangguan dan ancaman terhadap kehidupan sosial masyarakat yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab seperti  terorisme serta peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan terjadinya bencana alam, termasuk terlebih khusus pandemi covid-19 yang kita hadapi saat ini.

Oleh karena itu, wenny berharap semua pihak baik aparat pemerintah dan komponen masyarakat saling bahu-membahu menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ia mengingatkan Satpol-PP sebagai aparat penegak Perda serta ketenteraman dan ketertiban umum memiliki peranan yang strategis dalam mengendalikan situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat serta perlindungan masyarakat.

“Laksanakan tugas dengan baik sesuai dengan standar opersional prosedur (SOP) yang telah diatur sehingga tidak terjadi benturan dengan masyarakat.Saudara-saudari harus mampu menyikapi berbagai persoalan terkait dengan gangguan keamanan dan kenyamanan masyarakat agar bisa terwujud visi dan misi Kota Tomohon yaitu  Tomohon Maju, Berdaya saing dan Sejahtera,” pintanya sembari mengingatkan Satpol PP juga harus tanggap membaca situasi apalagi terhadap setiap pendatang yang tidak memiliki identitas yang jelas.

Ia juga meminta Satpol PP tanggap dan berperan terhadap penanganan bencana alam yang setiap saat bisa saja terjadi seperti gunung meletus, tanah longsor, banjir, kebakaran dan lain sebagainya.

“Untuk mencapai hasil yang diharapkan, kita harus mampu membangun sinergitas, koordinasi dan kerjasama dengan aparat terkait yang berkompeten,” ujarnya.

Wenny berharap melalui kegiatan pelatihan ini seluruh anggota Satpol PP di Kota Tomohon dapat memahami tugas yang harus dilaksanakan sesuai dengan sop yang ada sehingga mampu berperan lebih baik lagi dalam proses pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan di Kota Tomohon.

“Ciptakanlah situasi yang kondusif sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan diharapkan. Namun demikian saudara-saudari harus melaksanakan tugas dengan mengedepankan tindakan-tindakan dengan cara persuasif sehingga tidak terjadi benturan yang tidak kita inginkan. Kita harus melaksanakan tugas sesuai dengan koridor aturan yang berlaku sehingga tugas saudara-saudari dapat dipertanggung jawabkan,” pintanya kepada Satpol PP Pemkot Tomohon.

Turut hadir dan menjadi nara sumber dalam kegiatan pelatihan ini Kasat Samapta Polres Tomohon IPTU. Widodo dan anggota Satpol PP Pemkot Tmohon.