• Wed. May 25th, 2022

Dinsos-PMD Minut Gelar Bimtek Sistem Keuangan Desa

ByRedaksi Sulut Hebat

Jan 24, 2022

Minut, Suluthebat.com- Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos-PMD) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi, TA 2022 dan Pengimputan Data RAPBDes Tahun Anggaran 2022 ke Aplikasi Siskeudes, yang diikuti oleh Hukum Tua, Sekdes, Bendahara, Kaur Keuangan dan Ketua BPD se-Minahasa Utara. Senin (24/1/2022) di Hotel Sutanraja, Watutumou Minut.

Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda, secara langsung membuka kegiatan tersebut.

“Saya berharap lewat aplikasi Siskeudes ini, para perangkat desa dapat meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam pengelolaan keuangan desa,” kata JG dalam sambutannya.

JG Juga mengimbau para peserta, agar dapat mengikuti bimtek ini dengan baik.

“Para peserta harus bisa menginput data sampai jadi dengan maksimal,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinsos-PMD Minut, Alpret Pusungulaa mengatakan, aplikasi siskuedes ini bisa membantu desa mengatur keuangan, kegiatan perencanaan, penganggaran, penatausahan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan desa. Sebab aplikasi ini sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wabup Minut JGKWL serta aplikasi ini sangat membantu penggunaan keuangan desa.

“Saya berterima kasih kepada Bupati Joune Ganda SE dan Wabup Minut Kevin Wiliam Lotulung SH MH yang telah mendukung dan mensuport kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” ungkap Pusungulaa

Lebih lanjut dijelaskan Pusungulaa, bimtek ini mengacu pada Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 sebagai pengganti Permendagri 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, menyebabkan perlunya penyesuaian aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang telah diimplementasikan.

“Mutu pelayanan bagi masyarakat perlu ditingkatkan karena hal ini akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat kepada pemerintah sebagai organisasi sektor publik,” kuncinya.

(Vivi)

Redaksi Sulut Hebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...