• Sun. May 29th, 2022

JAKARTA, suluthebat.com — Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, mendapat tugas baru dari Presiden Joko Widodo, sebagai Menteri ESDM oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Berdasarkan surat dari Menteri Sekretaris Negara tertanggal 3 Februari 2022, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Investasi/Kepala BKPM Bapak Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ad interim,” kata Tina Talisa, Staf Khusus & Juru Bicara Kementerian Investasi/BKPM, Jumat (4/2/2022).
Bahlil langsung memegang kendali ESDM-1 dengan melakukan rapat perdana. “Pada pagi hari ini (Jumat, 4 Februari 2022) telah dilakukan rapat perdana Menteri ESDM ad interim dengan seluruh Eselon I di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,” tambah Tina.

Ada kabar Menteri ESDM Arifin Tasrif sedng sakit. Bahlil adalah Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. Ia lahir di Maluku Utara. Sebelum diangkat menjadi anggota kabinet, Bahlil Lahadalia memiliki catatan profesional yang panjang. Pada tahun 2003, namanya tercatat dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat. Setelah memiliki berbagai pengalaman dalam organisasi dan memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi, Bahlil memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaan sendiri

Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) melalui Kepala Biro Komunikasi, Layanan dan Informasi Publik (Kebiro Klik), Agung Pribadi, angkat bicara atas apa yang terjadin dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif. Agung menyampaikan, bahwa saat ini Menteri Arifin dalam kondisi kesehatan yang baik dan akan kembali beraktivitas pekan depan.

“Bapak Menteri Tasrif dalam kondisi baik. Saat ini sedang isolasi mandiri. Insya Allah minggu depan sudah kembali bekerja. Mohon doanya,” ungkap Agung, Jumat (4/2/2022), sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia.

Agung menjelaskan, pada 31 Januari 2022 lalu, Kementerian ESDM juga telah menyampaikan kepada Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bahwa Menteri ESDM tengah melakukan isolasi mandiri terhitung mulai 30 Januari 2022. Untuk itu, Kementerian ESDM memohon agar Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR dapat dilakukan penjadwalan ulang.

Ditunjuknya Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, sebagai menjadi Menteri ESDM sementara waktu (ad interim) bertujuan agar tugas pokok dan fungsi Kementerian ESDM harus tetap bejalan dengan baik. “Karena pasokan energi harus tetap terjaga, di samping tentunya juga menjaga investasi,” tutupnya.(*)