• Sun. May 29th, 2022

JAKARTA, suluthebat.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Widjajanto Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) menggantikan Agus Widjojo. Andi ditunjuk sebagai Gubernur Lemhannas berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 21 P tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubenur Lemhannas.

Pelantikan Gubernur Lemhannas dihadiri  Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Semua orang yang hadir dalam pengambilan sumpah itu mengenakan masker dan melaksanakan protokol kesehatan.

Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara. Bersediakah saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?,” tanya Jokowi, Senin (21/2/2022).

“Bersedia,” jawab Andi Widjajanto. “Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Kiranya Tuhan menolong saya” demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi yang diikuti Andi Widjajanto.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Andi Widjajanto merupakan penasihat senior Kantor Staf Presiden (KSP) sejak 4 Februari 2020 silam. Ia dahulunya merupakan pakar pertahanan atau pengamat militer. Andi Widjajanto menamatkan pendidikan S-1 di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan program pascasarjana di National Defense University, di Washington DC, Amerika Serikat. Andi Widjajanto juga terlibat dalam tim pemenangan Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019.

Selain Gubernur Lemhanas, Presiden juga melantik Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional. Pelantikan Arief berdasarkan Keppres Nomor 7/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional. Keputuan Presiden ini mulai berlaku sejak ditetapkan, yakni Senin (21/2/2022).

Sosok Andi Widjajanto

Dikutip dari Surya co.id, Andi Widjajanto lahir pada 3 September 1971. Ia menjabat sebagai Sekretaris Kabinet dalam pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla mulai 3 November 2014 hingga 12 Agustus 2015.

Sebelumnya, ia aktif sebagai Deputi Tim Transisi menjelang terbentuknya Kabinet Kerja.

Andi merupakan putra dari Mayjen TNI (Purn) Theo Syafei, mantan Pangdam IX/ Udayana sekaligus politikus senior PDIP.

Andi Widjajanto memiliki latar belakang pendidikan yang luas. Mulai dari FISIP jurusan HI di Universitas Indonesia lulus 1996, kemudian mendapat gelar sarjana dari School of Oriental dan African Studies University of London. Ia juga mendapatkan Master of Sciences dari London School of Economics, lalu mendapat gelar Master of Sciences dari Industrial College of Armed Forces, Washington DC, Amerika Serikat pada tahun 2003. Demikian dikutip dari Sindonews.com dan Tribunnews.com.

Ia adalah dosen tetap pada FISIP di Universitas Indonesia. Selanjutnya, Andi pernah tercatat sebagai Koordinator di Gerakan Non Blok Study Center dan juga aktif sebagai peneliti di jurusan HI – FISIP UI. Andi juga tercatat sebagai Dewan Editor pada jurnal politik internasional Global.

Ia juga pernah bekerja sebagai Managing Director di PACIVIS, Center for Global Civil Society Studies Universitas Indonesia hingga jabatan Direktur Eksekutif pada PACIVIS dan Direktur Ekonomi Pertahanan di Institut Pertahanan dan Studi Keamanan – UI.(*)