• Wed. May 25th, 2022

Peter Assa: Gaji Terlambat karena SKPD

MANADO, suluthebaat.com – Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Manado, Peter Bart Assa, mengungkapkan ketelambatan pembayaran gaji Tenaga Harian Lepas (THL), petugas kebersihan serta guru, lebih kepada belum adanya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum memasukkan Surat Perintah Membayar (SPM).

Namun dia juga mengungkapkan kemungkinan lainnya adalaha, keterlambatan itu akibat tertahan di badan keuangan. . ” Tapi kemungkinan itu sangat kecil, karena saat ini proses di badan keuangan sudah tersistem dan tidak pernah menahan. Setiap ada pengusulan berkas, saya langsung verikasi dan langsung approve pembayarannya saat itu juga,” ujarnya pada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Dikatakan, instruksi Walikota Andrei Angow saat rapat koordinasi beberapa waktu lalu kepada badan yang dipimpinnya agar melaksanakan pembayaran gaji dan honor tepat waktu, langsung ditindaklanjutinya.

Dia menyayangkan, yang berkembang di lapangan justru SKPD sering menyalahkan badan keuangan yang melakukan keterlambatan, padahal SKPD yang belum memasukan SPM. “Mungkin  karena sistem lama yakni SIMDA telah diganti SIPD, banyak operator SKPD yang belum menguasainya. Kami mengadakan Bimtek agar operator di setiap SKPD bisa memahami dan menguasai sistem baru ini,” tambahnya.

Menurut Assa saat ini Pemkot Manado telah memakai SIPD. Sistem ini akan mengatur proses pemberkasan pengajuan permintaan anggaran ke badan keuangan daerah, sejak berkas masuk hingga verifikasi sampai pada surat permintaan pencairan dana ( SP2D) dan  SPM.(*)