• Wed. May 25th, 2022

Satu Tahun Kepemimpinan Wali Kota dan Wawali Kota Bitung, 14 Produk UMKM di Kota Cakalang Go Internasional

ByRedaksi Sulut Hebat

Apr 1, 2022

Bitung, Suluthebat.com- Satu tahun kepemimpinan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar (Kamis, 31 Maret 2022) diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin Ketua Sinode GMIM Pdt. Hein Arina. Jumat (1/4/2022) di Aula S.H Sarundajang, Pemkot Bitung.

Tepat pada momentum satu tahun ini, 14 produk UMKM dari Kota Bitung, mendarat di Washington DC, Amerika Serikat.

Informasi yang diterima dari Founder dan CEO Kerein (Kemeedekaan Republik Indonesia) Fega Pandy Mangindaan, menyampaikan bahwa 14 produk UMKM ini didominasi produk perikanan.

“Kiriman produknya sudah di Amerika dan sudah kami laporkan kepada Pak Wali Kota Bitung,” ujar Mangindaan.

Adapun 14 produk UMKM ini adalah, ikan cakalang fufu, baby tuna (pani fufu), layang asap (malalugis fufu), tude (oci fufu), ikan kembung (kombong fufu), teri asap (ikan putih), lemuru asin asap, ikan tandipang asin asap (sejenis sardin), ikan roa bubuk, abon cakalang asap, abon tuna asap, cakalang asap rica-rica (panpis)dan lemon ikan dari UMKM Oni-oni Smoked Fish.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, berterima kasih kepada Founder dan CEO Kerein Fega Pandy Mangindaan yang sudab membantu memasarkan produk UMKM Kota Bitung hingga ke Luar Negeri.

“ Atas nama Wali Kota dan Wawali Kota Bitung, kami menyampaikan terima kasih kepada ibu Fega yang sangat peduli dengan UMKM yang ada di Kota Bitung”, ungkap Maurits Mantiri didampingi Hengky Honandar, usai ibadah syukur.

Maurits Mantiri dan Hengky Honandar berharap, produk UMKM di Kota Bitung bisa go Internasional.

” Kedepan masih akan ada beberapa produk UMKM lagi yang sementara disiapkan oleh para pelaku usaha di Kota Bitung untuk go Internasional”, ucap Wali Kota dan Wawali Kota Bitung.

Menurut Mantiri, dari data yang disampaikan staf khusus Bidang Pengembangan Koperasi dan UMKM, Angga Longdong, produk tersebut seperti, keripik pisang dari Ramantha Kitchen, ampalng tuna dari dapur adley, marchendise dari rumah psair dan kripik tuna dari kartika.

Diketahui sebelumnya, sejumlah UMKM di Kota Bitung telah mengikuti Webinar dengan Founder dan CEO Kerein, Fega Fandi Mangindaan.

Dalam Webinar tersebut, Mangindaan mengatakan akan membantu memasarkan produk UMKM yang ada di Sulawesi Utara khususnya Kota Bitung.

” Kami akan membantu memasarkan produk UMKM ini secara online di 60 exhibitor space di lokal festival yang dilaksanakan oleh Kerein sendiri di Amerika”, kata Mangindaan.

Saat ini Pemkot Bitung juga terus bekali pelaku UMKM dengan barbagai pelatihan dengan menggandeng pihak yang berkompeten dan mahir dibidangnya.
(***/Vivi)

Redaksi Sulut Hebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...