• Wed. May 25th, 2022

MM Hadiri Musrenbang RKPD 2023, Agus Fatoni Ingatkan Beberapa Hal Berikut Ini

ByRedaksi Sulut Hebat

Apr 19, 2022

Bitung, Suluthebat.com- Wali Kota Bitung Maurits Mantiri (MM) menghadiri pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2023, di Hotel Four Point Manado. Selasa (19/4/2022).

Mendagri melalui Dirjen Bina Keuangan Daerah Agus Fatoni dalam arahannya mengatakan, pencapaian pembangunan makro di Sulut, berdasarkan data BPS sampai dengan tahun 2021 semua menunjukan pencapaian yang baik dan menggembirakan termasuk pertumbuhan ekonomi yang mampu tumbuh menjadi 4,16% sebelumnya terkontraksi 0,99% tingkat kemiskinan juga mengalami penurunan yang sebelumnya 7,78% – 7,36%.

“Berdasarkan APBD tahun 2020 – 2022, Provinsi Sulut pada tiga tahun terakhir cenderung defisit. Tentu ini banyak sebabnya, karena kita mengalami pandemi akan tetapi hal ini harus menjadi perhatian kita semua dalam melakukan pengelolahan sehingga dapat menciptakan keseimbangan dari pendapatan dan belanja sehingga pencapaian kemandirian viskal di provinsi Sulawesi Utara.” kata Agus Fatoni.

Lebih lanjut dikatakan Fatoni, untuk merumuskan pembangunan di daerah antisipasi tingkat pembangunan menjadi bagus yang dapat dilepaskan dalam menciptakan pembangunan yang adaktif dan aplikatif untuk mengatasi berbagai permasalahan. Perlu memperhatikan beberapa hal yaitu :
1. Penyikapan terhadap perubahan peraturan perundang undangan seperti UU No 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan pusat dan daerah serta SK mendagri No 050-889.

2. Perlu dicapai konsritensi antar dokumen perencanaan pembangunan daerah.

3. Perlu diantisipasi proyek perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat Pandemi di daerah dan nasional maupun dampak politik di luar negeri.

4. Perlu peningkatan sistem pendidikan dan kesehatan sebagai langkah prefentif dalam menghadapi pandemi.

5. Optimalisasi penggunaan anggaran daerah untuk penggunaan program- program yang berkaitan langsung dengan masyarakat, lingkungan, infrastruktur, hubungan terhadap penyelenggaraan pilkada tahun 2024.

” Pemerintah pusat juga telah melaunching gerakan bangga buatan Indonesia, gerakan yang digagas oleh Presiden RI untuk menggerakan minat masyarakat dalam mencintai buatan dalam negeri untuk meningkatkan produk yang berasal dari UMKM termasuk koperasi lokal perlu kita dorong dan sukseskan.” kuncinya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, unsur Forkopimda Provinsi Sulut, mewakili Wali Kota Bitung Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sifri Mandak bersama jajaran. (***/Vivi)

Redaksi Sulut Hebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...