• Sun. May 29th, 2022

Mengenal Sosok Jopie Tompunu Pejabat Pemkab Minsel Yang Kantongi Segudang Prestasi

ByRedaksi Sulut Hebat

Apr 22, 2022

Minsel, suluthebat.com – Masyarakat Minahasa Selatan (Minsel) sepatutnya bangga memiliki salah satu sosok birokrat senior yang saat ini berada di Pemerintahan Kabupaten.

  • Jopie Topunu S.sos yang saat ini Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Minsel ternyata beberapa kali menuai prestasi dalam jabatannya yang sebelumnya.

Berbagai prestasi dalam penghargaan yang diraih beliau bahkan sejak jaman Bupati Drs. Ramoy Markus Luntungan dan Wabup Ventje Tuela (RML-VT) pada tahun 2005, dimana ia percayakan sebagai Instruktur Tunggal Pembina Mental Fisik dan Disiplin (MFD) Diklat PIM III di Kabupaten Minahasa Selatan selama tiga bulan

Dijaman Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Wabup Drs. Sonny Frans Tandayu pada tahun 2010 Jopie Topunu menduduki jabatan Camat Kecamatan Maesaan dan berhasil melaksanakan pemilihan Hukum Tua secara sederhana di Desa Kinamang.

Pada saat itu, komitmen politik yang diambilnya yaitu tidak ada pesta kumpul masa, hanya diperbolehkan masyarakat untuk melakukan ibadah, dan baru bisa melakukan pesta rakyat setelah ada pelantikan. Tindakan tersebut langsung menuai apresiasi dari unsur DPRD Kabupaten.

Adapun mendapat juara satu Pos Kamling se Kabupaten Minsel, dan juara dua Pos Kamling di dua Kabupaten MITRA dan Minsel dalam memperebutkan piala Kapolri, juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten dan Masuk 5 besar tingkat Provinsi, juara 3 Lomba Kebersihan Administrasi dan Penataan Halaman Kantor dan Rumah Dinas Camat, selain itu. Bahkan Ia juga melakukan suatu gebrakan dengan keputusan Camat untuk membentuk waktu kerja sebelum pembangunan di APBD, dan lagi tindakan tersebut mendapat apresiasi yang tinggi dari Wakil Bupati Sonny Tandayu yang adalah seniornya di dunia.

Sementara dijaman Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, Tompunu memiliki Kabid SDM di BP4K Minsel, dalam jabatannya pada tahun 2013 berhasil membentuk Penyuluh Swadaya di kabupaten minsel yang disesuaikan dengan UU No 16 tahun 2006 tentang Penyuluh Swadaya. Untuk itu dibentuklah 5 orang di setiap desa sebagai penyuluh swadaya dan diikuti dengan pelatihan hingga mendapat apresiasi dari kementerian pertanian.

Tahun 2014-2017 saat sebagai Camat Motoling dirinya melakukan inovasi pelayanan dengan menjalankan Jumat Bersih, jumat sehat, jumat sentuh tanah dan Jumat Berdikari Cepat dengan moto pelayanan “Bekerja Bersama dan sama-sama bekerja. Program kerja dan pelayanan moto ini telah mempersembahkan Kecamatan Motoling dengan prestasi yang luar biasa, serta melakukan penghijauan di beberapa tempat, khusus di wilayah Mata Air Bersih.

Selain itu, lewat tangan dinginnya, beliau juga berhasil membawakan Kecamatan Motoling meraih juara 1 lomba pelayanan publik, administrasi, kebersihan dan penataan kantor dan Halama.

Dengan Prestasi Lomba Pelayanan Publik Administrasi dan Penataan Kantor, Jopie Tompunu diundang Mewakili Camat se Sulawesi Utara di Kementerian Desa selama 7 hari Kerja dalam Rangka Pembangunan Desa dan Penilaian Desa.

Berbagai pengalaman tugas yang dilalui hingga menyabet berbagai prestasi dari komitmennya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan pimpinan itu, Ia berharap dan saran bagi adik-adik ASN agar tetapalkan kedisiplinan, Integritas, Loyalitas, dengan prestasi apapun dapat dicapai.

Seperti dikutib dari akun media sosial resminya beberapa waktu lalu, ia mengingatkan bagi teman-teman dan adik-adik ASN yang bekerja dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Minsel untuk terus mengandalkan Tuhan, kedisiplinan dan loyalitas terhadap pimpinan.

“Tentunya saya juga mengapresiasi dan merasa bangga bagi teman-teman pejabat yang telah melakukan berbagai trobosan juga memiliki prestasi. Semoga kita semua berharap Tuhan dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati untuk melayani masyarakat,” tutupnya. (Pro)

Redaksi Sulut Hebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...