January 28, 2023

Christian Tangkere : Mari Kita Jaga Martabat Pers di Kabupaten Minahasa

Tondano,suluthebat.com – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Minahasa periode 2022-2025, Christian Tangkere, bersama jajaran pengurus resmi dilantik dan dikukuhkan Selasa (6/12/2022) lalu.

Pelantikan dan pengukuhan itu berlangsung di  di Aula Benteng Moraya Tondano, Minahasa.

Christian Tangkere dalam sambutannya mengatakan  PWI Minahasa akan terus meningkatkan kemartabatan pers, merawat perilaku yang menjunjung UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Mari kita bersama menjaga martabat pers dan menghidupkan PWI di Kabupaten Minahasa,” ujarnya.

Christian berjanji akan memperluas jaringan, evaluasi dan menguatkan kompetensi, sesuai dengan visi yaitu mewujudkan PWI Minahasa sebagai organisasi yang profesional, bermartabat dengan spirit kebersamaan serta SDM yang berkualitas.

Ia berterimakasih dan mengapresiasi sinergitas bersama pemerintah dan instansi terkait yang selama ini banyak memberikan dukungan kepada PWI.

“Kedepan ada beberapa hal yang akan dilakukan PWI Minahasa, salah satunya, adalah tetap menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa dan stakeholder,” tambahnya.

Ia juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk semua yang sudah terlibat dalam kegiatan dari konferensi sampai pada pelantikan.

“Untuk Panitia dan yang sudah terlibat, saya menghargai semua waktu dan upaya yang sudah lakukan untuk membuat acara ini menjadi terlaksana. Saya berharap ke depan, PWI Minahasa akan menjadi payung dan rumah besar bagi Insan Pers untuk mengembangkan diri,” kata Christian.

Selain itu, Christian juga berterima kasih Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa terlebih khusus Bupati Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi, IPU Asean Eng. Wakil Bupati Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM, Sekda Frits Muntu, S.Sos bersama Jajaran.

Ketua PWI Sulut, Drs Voucke Lontaan, mengapresiasi pelantikan dan pengukuhan pengurus PWI Minahasa.

Menurutnya, peran pers dalam membangun sinergitas bersama pemerintah dan stakeholder harus terus dipertahankan.

“Pers perlu menjalin sinergitas bersama pemerintah dan stakeholder, begitu juga sebaliknya, pemerintah membutuhkan pers dalam mensosialisasikan program-program kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan,” jelas Lontaan.

Lontaan juga berpesan, di tengah tantangan problematika pemberitaan media saat ini, sangat penting untuk tetap menjunjung kode etik jurnalistik.

“Setiap pemberitaan harus ada konfirmasi kepada pihak terkait, harus seimbang dan mengedepankan kode etik jurnalistik, sehingga profesionalitas wartawan di mata masyarakat dan pemerintah semakin baik,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring dalam sambutannya berterimakasih kepada PWI Minahasa yang dinilai sudah sangat baik dalam menjalin sinergitas bersama Pemkab Minahasa.

“Tentu harapannya hal ini tetap dapat dipertahankan, dalam mensosialisasikan program pemerintah Kabupaten Minahasa kepada masyarakat,” jelas ROR.

Menurutnya, saat ini pemerintah Kabupaten Minahasa sedang gencar mencanangkan gerakan menanam pangan, dalam menghadapi krisis pangan global.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat Minahasa, sebagaimana yang sudah disampaikan pemerintah dalam program pencanangan menanam dan beternak, untuk memenuhi kebutuhan pangan harian keluarga.

“Mari kita membiasakan diri menanam di kebun maupun pekarangan rumah, begitu juga dengan beternak, karena hal itu untuk memperkuat ketahanan pangan kita” ujar ROR.

Dikatakan, dengan adanya kesadaran dan inisiatif, akan memberikan efek yang sangat besar kalau menanam dan beternak ini benar-benar kita laksanakan.

“Untuk itu, peran pers sangat penting untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat bersama-sama memanfaatkan lahan untuk menanam pangan demi menjaga ketahanan kita,” ajak ROR.

Pada acara pelantikan dan pengukuhan itu, dibacakan Surat Keputusan (SK) pengurus PWI Periode 2022-2025 oleh Sekretaris PWI Sulut Merson Simbolon, dilanjutkan dengan pelantikan pengurus oleh Ketua PWI Sulut Drs Voucke Lontaan.

Dalam pelantikan tersebut juga dirangkaikan dengan Ibadah Pra Natal PWI Minahasa yang juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Minahasa Maya Kainde,  Unsur Forkopimda, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa, SIK, Ketua DPRD Glady Kandouw,SE, Ka. Kejari Minahasa Diky Octavia, SH, MH dan semua Mitra PWI, dan jajaran pengurus PWI provinsi. (Vidi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *