December 3, 2022

Diduga Lakukan Pemalsuan Dokumen, Warga Kawiley Minta Bupati Minut Batalkan Pelantikan Veddy Ngantung

Gambar ilustrasi

Minut, suluthebat.com- Astaga, diduga kemenangan Veddy Ngantung dalam Pemilihan Hukum Tua desa Kawiley kecamatan Kauditan, Minahasa Utara pada 27 September 2022 banyak kejanggalan. Mulai dari tahapan sampai penetapan calon disinyalir adanya rekayasa.

Pasalnya, aturan Bupati yang tertuang dalam Perbup nomor 18 tahun 2022 tentang Pilhut dikebiri aturan-aturannya oleh panitia penyelenggara Pilhut. 

Hal ini dikatakan Aim Rooroh warga desa Kawiley, bahwa diduga kuat dokumen yang di masukan dalam pendaftaran calon Pilhut tersebut sudah direkayasa dan dimanipulasi oleh oknum yang bakal mengikuti calon pada waktu itu.

“Tapi kok bisa panitia daerah dan panitia desa menetapkan bakal calon tersebut sebagai Calon Hukum tua? Padahal sudah sangat jelas bahwa Dokumen yang dia masukan diduga adalah dokumen yang di palsukan oleh oknum itu sendiri,” ucap Rooroh. Senin (3/10/2022)

Diungkapkan Rooroh, pada awal adanya penetapan calon, warga sudah melakukan gugatan kepada panitia desa sampai di tingkat Kabupaten, tapi gugatan tersebut di abaikan dan tidak di tindak lanjuti sehingga kami menduga adanya Kongkalikong antara oknum tersebut dengan Panitia Pilhut.

Adapun data-data yang warga dapati:

1. Cap BPD yang digunakan pada Dokumen tersebut Palsu.

2. Surat resmi penolakan dari 5 anggota BPD (dari 9 BPD) bahwa saudara Veddy Ngantung tidak pernah memasukkan LKPJ dari 2014-2019 bulan juli

3. Dalam dokumen LKPJ yang di masukan kepada panitia bertanda tangan Camat Kauditan pada tahun 2018-2019 yaitu Fentje Warouw.
Seharusnya yang berhak menandatangani Dokumen LKPJ pada tahun 2018-2019 adalah Camat (alm) Martho Rasubala.

4. Adanya temuan bukti transaksi terindikasi suap yang diduga dilakukan oleh Tim kampanye dari calon tersebut dengan panitia yang di kuatkan dengan bukti percakapan dan bukti transfer ke rekening salah satu orang terdekat dari panitia.

“Dengan didukung oleh bukti-bukti yang jelas beserta saksi-saksi yang ada, saya mewakili sejumlan warga Kawiley meminta komitmen bapak Bupati Minut Joune Ganda agar tahapan pelantikan di desa kawiley dibatalkan,” tegas Aim Rooroh

(Vivi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *