January 29, 2023
Bergambar bersama di acara pembukaan Festival Pesona Selat Lembeh.

SULUTHEBAT.COM, Bitung – Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2017  dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven OE Kandouw. Ajang ini digelar Pemerintah Kota Bitung 6-10 Oktober 2017.

Dikatakan Wagub  Kandouw bahwa Gubernur mengapresiasi Pemerintah dan Masyarakat  Kota Bitung yang melaksanakan FPSL ini.

“Tidak ada jalan lain upaya resiliensi itu kontekstualnya melalui pariwisata. Sulawesi utara sudah 14 bulan ini merasakan bagaimana daya dongkrat, feed back  dari pariwisata ini. Sumbangan kenaikan PDRB  yang tadinya 6 persen sekarang sudah 14 persen. Khusus Kota Manado, Minahasa Utara, Tomohon dan Bitung kenaikannya 5-6 persen,” kata Wagub Kandouw saat memberikan sambutan diatas geladak KRI Multatuli 561, Jumat (6/10/2017).

Melalui Wagub Kandouw, Bapak Gubernur mengatakan bahwa kegiatan- kegiatan seperti ini sangat didukung demi mendongkrak pariwisata di Sulawesi Utara.

Mewakli Menteri Pariwisata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara  Dra  Esty Reko Astuti MSi mengatakan agar ajang seperti ini ada keberlangsungan.

“Ini harus sustain, harus ada keberlangsungan sebab kalau mau menjadi iven besar yang didatangi orang harus terus dilakukan. Dan harus ramah lingkungan mulai dari kebersihan juga paling penting community based,. Keterlibatan masyarakat ini merupakan suatu yang positif. Diharapkan keterlibatan masyarakat harus ada,  promosinya harus jauh-jauh hari dan  iven-iven ini harus dikelolah secara profesional,” paparnya.

Walikota Bitung Max Lomban  dalam laporannya mengatakan, FPSL ini dimulai dengan  parade Sailing Pass yang diikuti oleh 1221 kapal penangkap ikan, perahu hias serta KRI TNI AL ikut dalam parade kapal yang merupakan rangkaian FPSL 2017. Rangkaian kegiatan ini akan diramaikan dengan berbagai kegiatan diantaranya, Bitung 10 K, lomba memancing, tinju, budaya dan lain-lain.

Turut hadir mewakili Mendagri Wakil Gubernur IPDN DR Drs Reydonnyzar Moenoek, Forkopimda, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr Kartika Devi Tanos MARS, Wakil Bupati/Walikota dan tamu undangan lainnya. (Iswan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *