January 28, 2023

Frits Muntu : Korpri Rumah Kita Bersama

Tondano, suluthebat.com- Setaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Frits Muntu SSos, memimpin upacara memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) Korpri ke-51 dan Hut PGRI ke-77 tahun 2022, bertempat di Halaman Kantor Bupati, Selasa (29/11/22).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekda Frits Muntu membacakan sambutan Penasehat Korpri, Kemendikbudristek, Ir Suharti MA PhD, dengan tema Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri.

Dikatakan Muntu, Korpri adalah wadah yang terdiri dari ASN, untuk ASN dan oleh ASN.

Oleh karena itu, Korpri memiliki peran dalam mendukung ASN dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara negara.

“Pada ulang ke-51 kali ini, saya berharap Korpri khsusnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa, dapat berperan lebih dalam mendukung ibu/bapak semua. Tantangan-tangan yang kita hadapi terus-menerus berubah. Oleh karena itu, Korpri pun perluh menyesuaikan, terutama dalam memberikan dukungan yang relevan kepada para ASN,” kata Muntu membacakan sambutan Penasihat Korpri Kemendikbudristek.

“Korpri adalah rumah kita bersama. Artinya, jika kita ingin Korpri berperan lebih, kita perluh partisipasi aktif,” tambah Muntu.

Muntu menambahkan pada musyawara nasional ke-IX ada empat program utama Korpri yang telah ditetapkan.

Pertama, peningkatan kwalitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi. Kedua, menguatkan ideologi dan karakter ASN.

Ketiga, perlindungan karir dan bantuan hukum ASN. Keempat, peningkatan kesejahteraan ASN.

“Empat program tersebut adalah bukti bahwa Korpri ingin bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh ASN yang merupakan anggotanya,” kata Muntu.

Seperti perkumpulan profesi lainnya, Korpri juga perluh menjadi wadah bertukar pikiran bagi para anggota agar bisa berinovasi, belajar hal baru, dan lebih kritis dalam menjawab permasalah-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Masalah yang muncul saat ini dan di masa depan, menuntut kapasitas birokrasi yang lebih tinggi. Kita perluh mencari cara agar bisa melayani masyarakat dengan makin cepat, makin baik, dan makin murah,” sebut Muntu.

Upaya tersebut tidak bisa dilakukan sendiri melainkan harus bersama-sama. Lebih baik banyak kepala yang peduli akan memberikan lebih banyak perspektif. Korpri, sebagai wadah ASN dari berbagai unit kerja sebenarnya sangat ideal dalam memberikan pandangan yang lebih luas.

“Jika melihat Korpri sebagai suatu perkumpulan profesi, ada satu pembeda yang perluh kita sadari daan pahami bersama. Karena Korpri adalah perkumpulan para penyelenggara negara. Artinya, anggota Korpri harus mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Bahkan, kita sudah melakukan sumpah/janji untuk menjadi benteng bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” jelas Muntu.

Oleh karena itu, mau tidak mau, Korpri harus secara aktif berperan menjadi teladan dan memegang nilai-nilai ASN. Y

Nilai- ASM itu yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptis, dan kolaboratif.

Selain itu, Korpri juga harus menjunjung nilai toleransi, menghalau radikalisme-fanatisme, dan mengutamakan hajat hidup seluruh rakyat, bukan hanya segelintir golongan saja.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, Bapak Bupati Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, Bapak Wakil Bupati Dr (Hc) Robby Dondokambey SSi MM, dan seluruh jajaran Pemkab Minahasa, menyampaikan selamat hari ulang tahun Korpri ke-51 dan selamat ulang tahun PGRI ke-77. ASN bersatu, Korpri tangguh dan Indonesia tumbuh,” pungkas Muntu.

Upacara ini diikuti para asisten, pejabat eselon ll, lll, IV dan pejabat fungsional, serta staf di jajaran Pemkab Minahasa. (Vidi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *