December 6, 2022

Gubernur Olly : 400 Anak Negara ASEAN Bakal Hadiri Puncak Hari Anak Sedunia di Manado

Manado, suluthebat.com– Gubernur Slawesi Utara Olly Dondokambey mengungkapkan ada sekitar 400 anak perwakilan dari provinsi di tanah air dan negara-negara ASEAN menghadiri acara puncak Hari Anak Sedunia di Pondok Kasih, Manado, Minggu (20/11/2022).

Gubernur Olly menyampaikan hal itu usai acara welcoming lunch dengan para delegasi anak di kantornya, Jumat (18/11/2022).

“Hari ini sudah ada sekitar 200 anak yang datang, ditambah lagi yang datang 100 anak. Jadi targetnnya ada sekitar 400 anak,” ujar Olly.

Menurut Olly, ada dua alasan mengapa pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memilih Sulit sebagai tuan rumah Hari Anak Sedunia 2022.

“Mungkin ibu Menteri melihat di sini salah satu destinasi pariwisata baru,” ujarnya.

Selain itu, lanjutntya, Sulut sudah menjadi contoh bagi kerukunan umat beragama.

“Mungkin itu yang ingin dilihatkan kepada generasi muda kita, bagaimana kita menjaga bingkai NKRI kita,” ungkapnya sambil menambahkan sangat bersyukur kegiatan Hari Anak Sedunia ini digelar di Sulut.

Olly berharap semua pihak terlibat dalam upaya memberantas kekerasan kepada anak dan perempuan.

Di Sulawesi Utara sendiri, kata Olly, Pemprov Sulut sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) tolak kekerasan seksual dan Perda Pernikahan Dini.

“Kita sudah buat dan kita sosialisasikan ke masyarakat. Anak-anaklah yang harus memilih masa depannya, bukan kita. Harapannya semoga kekerasan terhadap anak dan ibunya tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3AD) Provinsi Sulut, dr Kartika Devi Tanos menjelaskan hari pertama Jumat kemarin pihaknya bekerja sama dengan Pemkot Manado melakukan city tour.

Menurutnya, anak-anak diajak menyambangi ikon kota Manado seperti Malalayang Beach Walk.

Sekretaris TP PKK Provinsi Sulut itu menambahkan akan digelar pementasan anak-anak Sulut dan juga permainan games.

Sementara pada hari kedua aka nada field trip ke Kota Tomohon bekerja sama dengan Pemkot Tomohon.

Pada hari ketiga atau hari terakhir, Minggu (20/11), seluruh kegiatan akan dipusatkan di Pohon Kasih Kawasan Mega Mas Manado sebagai puncak peringatan Hari Anak  Sedunia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *