• Mon. Oct 3rd, 2022

Gubernur Olly: Bandara Samratulangi Segera Direnovasi

MANADO-SULUTHEBAT.COM. PERCEPATAN pembangunan ekonomi Sulawesi Utara yang semakin menggeliat menuntut peningkatan fasilitas penunjang diantaranya perluasan bandara Sam Ratulangi Manado. 

Indikasi ini terlihat dari melonjaknya arus kedatangan penumpang ke Manado melalui Bandara Sam Ratulangi. Dalam rentang waktu tahun 2012-2017 aktivitas bandara Sam Ratulangi tercatat sebanyak 2,71 juta penumpang (6%), 27,89 ribu pesawat (10,04 %), dan 14, 76 ribu ton cargo (5,68 %). Angka ini diperkirakan melonjak sebanyak 300% hingga 10 tahun mandatang yakni 6-8 juta penumpang. 

Karena itu, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey mendorong percepatan perluasan bandara demi memenuhi kebutuhan pengguna bandara yang samakin meningkat. Setelah berkordinasi dengan pemerintah pusat, baik dari pihak Angkasa Pura dan Kementerian Perhubungan, maka rencana renovasi pun sudah dimatangkan dan siap direalisasikan.

Program renovasi nantinya meliputi beautifikasi terminal, perluasan terminal dan fasilitas penunjangnya. Selain itu juga akan ada perpanjangan landasan pacu sepanjang 30.000m2, yang akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2018 ini.

“Hal ini harus kita syukuri karena terjadi sinerjitas yang kuat antara pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan. Harapan kita adalah, penumpang makin nyaman berkunjung ke Sulawesi Utara sehingga akan terbangun iklim investasi yang baik gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat,”imbuh Gubernur Olly Dondokambey. (SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Alternative Text
x