February 3, 2023

Yogyakarta Rayakan Pengucapan Syukur Minsel

Membuat nasi jaha.

SULUTHEBAT.COM, Jogjakarta – Tidak mau ketinggalan dengan suasana Pengucapan Syukur yang dilaksanakan Minahasa Selatan (Minsel) Minggu, (9/07/2017) kemarin, sejumlah warga Minahasa yang berada di Jogjakarta menarik perhatian dengan membuat pengucapan syukur di asrama Sam Ratulangi I Jogja. Kegiatan ini terpantau lewat akun medsos Lesza Leonardo Lombok.

Senin, (10/07/2017) Lesda mengunggah 12 foto beserta status perjuangan mereka dalam merayakan Pengucapan Syukur kemarin. Bermodalkan niat dan tekad, sejumlah Tou (orang) Minahasa di luar daerah itu berupaya membuat Nasi Jaha, Tinorangsak, dan lain-lain; demi menghidupi suasana seperti berada di Minahasa. Dia menceritakan perjuangan dalam mencari bahan-bahan dalam pembuatan makanan khas Minahasa itu sampai harus mencari di kabupaten yang berbeda.

”Berikutnya adalah pencarian daun pisang. Singkatnya, kami harus berkelana ke kabupaten sebelah (ke Kab. Bantul, sedangkan asrama di Kota Yogyakarta) untuk mendapatkan daun pisang yang layak, memakan waktu 3 jam bolak balik hanya demi membawa 30 lembar daun,” tulisnya.

Tak menemukan kayu bakar yang biasanya dipakai dalam pembakaran, akhirnya mereka memutuskan untuk mengambil sisa-sisa barang-barang rusak di asrama seperti bangku, meja, lemari, bekas skripsi yang dicoret dosen dilengkapi dengan ranting-ranting yang sudah dikumpulkan satu bulan sebelumnya.

“Jam 9 Minggu pagi, dengan segala keraguan hasil cibiran orang namun tetap pada tekad dan semangat yang tinggi, kami mulai proses bakar memakai ranting-ranting kering hasil bersih-bersih dahan pohon di halaman asrama sejak berbulan-bulan yang lalu, kayu dari lemari dan tempat tidur penghuni yang sudah lapuk/rusak, dibakar pakai skripsi/tesis/disertasi gagal karena dicorat-coret dosen-dosen pembimbing, dengan harapan dan perkiraan bahwa proses bakar bulu (bambu) memakan waktu dua kali lipat dari biasanya,” ucapnya dalam status.
Hasil akhir dalam pembuatan itu mereka rasakan bersama saat masakan Minahasa itu berjejeran di meja makan. (yanli/swadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *