Juni 1, 2023

KPU Minahasa Ingatkan Parpol Batas Terakhir Pendaftaran Bacaleg 14 Mei

Tondano, suluthebat.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa mengingatkan partai politik untuk segera mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten.

Pendaftaran Bacaleg Kabupaten sudah dibuka sejak 1 Mei lalu hingga 14 Mei.

Ketua KPU Minahasa, Lord Malonda, mengatakan hingga Kamis (4/5) kemarin, pihaknya belum menerima berkas pendaftaran Bacaleg. 

“Hingga sekarang, kami masih menunggu para Parpol yang mengajukan calonnya di KPU Minahasa. Tapi saya berharap partai-partai bisa menggunakan waktunya untuk mendaftarkan Bacaleg mereka,” ujar Malonda.

Menurutnya, sesuai keputusan KPU RI nomor 352 tahun 2023 sejak 1 Mei 2023 telah dibuka pendaftaran untuk Bacaleg. 

“Sebelum mereka datangi kantor KPU Minahasa, sesuai pedoman teknis terkait dengan pengajuan Bacaleg, Parpol tersebut diwajibkan untuk mengisi persayaratan dan pengajuan calon di Sistim Informasi Pencalonan,” jelas Malonda.

Ia berharap bagi operator Silon yang ditunjuk oleh Parpol dapat mengisi semua persyaratan di Silon.

“Dan jika sudah lengkap, berarti pengajuan Bacaleg bisa diantar langsung di kantor KPU Minahasa,” ujarnya

Terkait syarat-syarat Bacaleg, Malonda menyebut, tentu ada syarat yang akan dimasukan di KPU Minahasa.

“Syarat tersebut, seperti memiliki KTP Elektronik dan minimal 21 Tahun, aspek kesehatan jasmani dan rohani, serta bebas Narkoba dan harus ada SKCK dari Polres Minahasa,” tandasnya.

Sementara itu, pimpinan Bawaslu Minahasa Ronal Reagen Nongka yang juga Koordinator Hukum Pencegahan Partisipasi Hubungan (HP2H) Masyarakat, mengatakan pihaknya selalu mengawasi proses pengajuan pendaftaran.

“Jadi Bawaslu hadir untuk melakukan pengawasan, bahkan mengawasi via silon yang diberikan ke Bawaslu oleh KPU,” ujar Ronal.

Ronal menegaskan akan mengawasi seluruh proses tahapan Pemilu, mulai dari regulasi-regulasi yang mengatur tentang pendaftaran calon, dan syarat-syarat bagi calon. 

“Kemudian memastikan apakah pihak KPU melaksanakan proses pendaftaran sesuai dengan regulasi yang ada atau tidak,” pungkasnya. (Vidi)