December 6, 2022

Jenazah Kristian, Warga Kota Manado Terhanyut Banjir Ditemukan  

Manado, suluthebat.com-Cuaca buruk melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Utara, Kamis (17/11/2022).

Sejak siang hingga malam sejumlah wilayah seperti di Kota Manado dan Tomohon dilanda hujan lebat, banjir, dan longsor.

Seorang warga bernama Kristian Lamboan (28) di Kelurahan Pakowa Lingkungan V Kecamatan Wanea Kota Manado dikabarkan meninggal dunia akibat terhanyut banjir.

Saat hujan lebat terjadi, ia hendak menyelamatkan dua orang yang terhanyut banjir dan keduanya tersangkut di sebuah jembatan.

Bersamaan dengan itu, seorang lagi terhanyut dan ditolong oleh Kristian.

Malangnya, Kristian terhanyut bersama orang yang ditolongnya. Dikabarkan orang yang ditolongnya selamat, sementara Kristian ditemukan meninggal dunia.

Sebuah video diduga almarhum Kristian viral di group washap. Di dalam video itu, jenasah almarhum diangkat oleh sejumlah orang dari sungai.

“Selamat malam guys, minta tolong untuk teman-teman di group saling serahkan ini informasi, ada korban terbawa arus di Pokowa Kecamatan Wanea Lingkungan V. Mohon untuk disebarkan  ke pihak terkait, siapa tahu ada yang berhubungan langsung dengan Basarnas yang ada di sini,” ujar pengunggah video dari lokasi ditemukannya almarhum Kristian.

Selain di Kota Manado, hujan lebat dan longsor juga terjadi di wilayah Tomohon.

Hujan lebat di wilayah itu mengakibatkan longsor di Jalan Raya Tomohon – Manado dan sempat menutup akses jalan.

Sebelumnya, Rabu (16/11/2022), Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, BMKG Sulut dalam rilisnya mengingatkan sejumlah wilayah di Sulut bakal dilanda hujan lebat, angin kencang, dan petir selama 5 hari ke depan sejak diterbitkannya rilis tersebut.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Arther Molle, mengimbau pemerintah dan masyarakat untuk memastikan kapasitas infrastruktur dan kapasitas tata kelola sumber daya air agar siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

“Masyarakat juga diharapkan terus monitor informasi perkembangan cuaca peringkatan dini cuaca ekstrem serta perkiraan cuaca berbasis dampak lewat website resmi BMKG Sam Ratulangi Manado,”kata Ben. (*)

Berikut prakiraan BMKG Sulut berdasarkan tanggal dan wilayah

Kamis (17/11/2022)

Minahasa, Minahasa Tenggara, dan Bolaang Mongondow Timur.

Jumat (18/11/2022)

Tomohon, Kotamobagu, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmut, dan Boltim.

Sabtu (19/11/2022)

Minsel, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud. 

Minggu (20/11/2022)

Tomohon, Minahasa, dan Minahasa Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *