January 28, 2023

Maraknya Kasus Pencurian, Ini Himbauan Kapolsek Motoling

Minsel, suluthebat.com – Masyarakat Motoling Raya khususnya di wilayah hukum Polsek Motoling mengaktifkan kembali pos ronda atau siskamling terkait maraknya aksi pencurian di beberapa desa.

Kapolsek Motoling Iptu. Hentje Talumepa
Mengajak masyarakt untuk kembali mengaktifkan pos ronda. Karena itu sangat efektif untuk mencegah terjadinya aksi pencurian dan curanmor.

Menurutnya, dua minggu terakhir aksi pencurian ternak dan curanmor kembali marak terjadi, khususnya wilayah hukum Polsek Motoling.

“Untuk itu saya berharap kepada pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat dapat kembali mengaktifkan pos ronda siskamling di setiap kampung atau lorong-lorong jalan kebun yang ada, dalam menyambut natal dan tahun baru akan marak dengan terjadinya pencurian dan curanmor,” ujarnya, Rabu (07/12/2022).

Diungkapkannya aparat kepolisian juga akan terus bekerja untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Baik deteksi dini maupun melalui patroli rutin yang saat ini setiap malam kami lakukan.

Meskipun demikian, katanya, alangkah baiknya pemerintah setempat dan mengajak masyarakat mengaktifkan kembali pos ronda. Dengan adanya pos ronda maka aktivitas di malam hari dapat terpantau dan jika ada warga yang hilir mudik mencurigakan maka laporkan ke pihak kepolisian atau di cegat lakukan pemeriksaan.

Pihaknya juga telah melalukan rapat koordinasi dengan para Camat di setiap rakor, para kepala desa, dan tokoh masyarakat terkait maraknya aksi pencurian. Selain itu juga sepakat akan mengaktifkan meronda sebagai antisipasi terjadinya aksi pencurian dan curanmor.

“Mudah-mudahan dengan adanya ronda atau siskamling maka keamanan dan ketertiban masyarakat akan tetap kondusif,” harapnya.

Ia juga mengimbau kepada warga agar rumah masing-masing memasang terali dan kunci tambahan karena pada umumnya pencuri masuk melalui jendela atau pintu rumah warga. Juga bagi kendaraan yang parkir di rumah atau di luar pakai kunci pengaman tambahan sebagai antisipasi aksi pencurian.

Sementara itu pejabat Hukum Tua Desa Tondey 2 Johnwane Palapa, mengatakan saat ini warga masyarakat desa Tondey Raya tidak nyaman dengan maraknya pencurian ternak yang terjadi beberapa minggu yang lalu.

“Kami sepakat akan mengaktifkan pos ronda kembali sebagai antisipasi terjadinya aksi pencurian dan curanmor. Mudah-mudahan nantinya dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” harapnya. (Rand)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *