January 28, 2023

MenPANRB : ASN Harus Miliki Wawasan dan Pengetahuan Global

Madiun, suluthebat.com- Menteri Pendayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa aparatur sipil negara (ASN) harus berani keluar dari rutinitas agar bisa menciptakan inovasi pelayanan publik yang membawa perubahan besar.

Menurutnya, ada tiga kunci dalam membenahi pelayanan publik pertama adalah komitmen, kedua kolaborasi lintas sektor, dan tiga memiliki sumber daya manusia yang andal. 

“ASN harus mengubah pola pikir, memiliki wawasan dan pengetahuan global, tidak lagi berpikir pada rutinitas semata. Budaya inovasi harus digaungkan,” ujar Abdullah Azwar Anas dalam acara Festival Inovasi Desa Jawa Timur Tahun 2022, di Alun-alun Kabupaten Madiun, Rabu (07/12) lalu.

Anas kembali mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo agar birokrasi tidak boleh rumit.

Pekerjaan birokrasi, lanjunya, harus cepat dan dinamis karena birokrasi kini tidak hanya sekadar tumpukan kertas.

Dijelaskan, untuk dapat mempercepat pelaksanaan birokrasi berdampak, Kementerian PANRB juga telah menjalankan reformasi birokrasi (RB) tematik.

RB tematik, kata Anas, terbagi menjadi empat, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan, serta program prioritas Presiden.

Dijelaskan, percepatan program prioritas Presiden terbagi dua yaitu peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui e-katalog dan pengendalian inflasi.

“Dengan adanya birokrasi yang berdampak, tentunya masyarakat juga dapat merasakan langsung manfaat kehadiran pemerintah. Salah satunya adalah dengan kemudahan akses,” pungkas Anas. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *