January 28, 2023

Pasca Bom Bandung, Kapolri Tinjau Lokasi Akad Nikah Kaesang-Erina

Yogyakarta, suluthebat.com- Usai dari lokasi bom di kantor Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Kapolrii Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau lokasi akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di sekitar Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (8/12/2022).

Kapolri dan rombongan datang sekitar pukul 13.10 WIB langsung meninjau dari luar berjalan menuju ke kawasan pusat perbelanjaan Ambarrukmo Plaza.

Setelah beberapa saat di dalam pusat perbelanjaan, Kapolri kembali ke depan Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Kapolri berbincang dengan beberapa orang di depan pendopo.

Sekitar pukul 13.27 WIB, Kapolri dan rombongan meninggalkan lokasi. Tidak ada wawancara bersama Kapolri.

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono mengatakan pihaknya bersama Kapolri tadi melakukan pemantauan kesiapan pos pengamanan.

“(Pemantauan bersama Kapolri) Pos pengamanan di sekitar ini supaya kondusif, nyaman tidak ada gangguan, lalu lintas aman. Masyarakat juga yang mungkin nanti mau melihat sudah disiapkan videotron di atas itu (menunjuk Ambarukmo Plaza),” kata Puji. “Secara umum kita siap untuk mengamankan. Sudah (kesiapan), TNI-Polri sudah siap,” katanya.

Sebelumnya, Rabu (7/12) kemarin Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsdya TNI Andyawan Martono Putra menjadi Pangkogasgabpad Pengamanan VVIP pernikahan Kaesang-Erina.

Andyawan memimpin apel gelar pasukan dalam kesiapan pengamanan VVIP pernikahan Kaesang-Erina.

Ia meminta aparat gabungan waspada terhadap segala kemungkinan yang dapat terjadi saat acara pernikahan.

“Saya yakin semua yang hadir di sini sudah terlatih dan sering melaksanakan tugas pengamanan VVIP, meskipun demikian tugas pengamanan ini jangan dianggap sebagai rutinitas. Kita harus tetap waspada terhadap segala kemungkinan yang dapat mengancam keselamatan VVIP,” ujarnya.

Ia menyampaikan beberapa penekanan untuk menjadi pedoman dan dilaksanakan oleh aparat.

Di antaranya koordinasi ketat dan tepat dengan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam pengamanan VVIP.

Aparat juga diminta memanfaatkan teknologi terkini untuk mendukung pelaksanaan tugas. Selain itu, setiap personel diminta paham tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Untuk kegiatan di tanggal 10 dan 11 Desember 2022 ini dikerahkan 10.900 personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Tim Kesehatan, Damkar dan unsur pendukung lainnya serta beberapa alutsista,” ujarnya.

Diketahui, ijab kabul Kaesang dengan Erina akan dilaksanakan di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12).

Selanjutnya, rombongan keluarga mempelai berangkat menuju kota Solo untuk mengikuti upacara Ngunduh mantu di Loji Gandrung, Minggu (11/12). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *