• Mon. Sep 26th, 2022

Pengelolaan Museum Belum Optimal, Wagub Kandouw Carikan Solusi

SULUTHEBAT.COM, Manado– Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan, harusnya museum jadi tempat memupuk wawasan kebangsaan tapi kenyataannya museum di Sulawesi Utara belum optimal pengelolaannya. Hal itu disampaikan  saat menghadiri acara Hari Museum Nasional di Museum Kebudayaan Sulut di Komo Dalam, Manado, Kamis (18/10/2017).

“Saya apresiasi hari museum, ini akan meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air,” ujar Kandouw kala membawakan sambutan.

Lebih lanjut, menurutnya museum bisa menjadi solusi ketika wawasan kebangsaan Indonesia tengah dirong-rong oleh berbagai isu dan persoalan.

“Bikin saja museum, lebih efektif datang ke museum kita bisa menyadari kekayaan bangsa kita. Sayangnya belum semua menyadari pentingnya peran museum. Termasuk pemerintah, ” himbau Wagub.

Dia membandingkan pengalaman mengunjungi museum di Jogja yang lebih bagus dan hebat serta berkorelasi  dengan pariwisata. Dibandingkan museum di Sulut, katanya air conditoner saja tak ada.

“Museum kita panas dan tak nyaman,” sindirnya.

Kandouw pun mengakui, Pemprov menganggarkan dana untuk museum masih kecil namun Pemprov akan cari jalan keluar. Jika sulit dari APBD, bisa dari swasta berupa Corporate Social Responsibity (CSR).

” BUMN juga bisa kasih CSR ke museum. BUMN untuk membantu museum sama seperti negeri lain. Memang BUMN sudah banyak CSR, walaupun banyak ke infrastruktur dasar. Harusnya juga bisa juga untuk museum,” ungkapnya.

Turut hadir Asisten Deputi Warisan Budaya Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ibu Pamuji Lestari, Forkopimda Sulut, Ketua Dharma Wanita Sulut Ivonne Silangen-Lombok, Kadis Kebudayaan F.D Rotinsulu, Para Kepala Museum dan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (Swd)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Alternative Text
x