January 29, 2023

Per Oktober 2022, Dana ‘Nganggur’ Pemda di Bank Rp 278,7 Triliun

Jakarta, suluthebat.com- Per Oktober 2022, dana pemerintah daerah (Pemda) yang masih ‘nganggur’ di bank mencapai Rp 278,7 triliun.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN Kita di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

“Kami harapkan Pemda bisa terus mendorong, terutama ketika ekonomi mengalami penurunan, maka APBD dengan dana Rp 278,73 triliun di perbankan diharapkan bisa menjadi faktor untuk mendorong pemulihan ekonomi lebih kuat lagi, terutama pada kuartal terakhir ini,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan dana ‘nganggur’ Pemkab/Pemkot tertinggi berada di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Selain  Pemkab/Pemkot di Jawa Timur, Pemkab/Pemkot di Jawa Barat dan Jawa Tengah juga menjadi wilayah dengan saldo anggaran tinggi yang masih ‘nganggur’ di bank.

Sementara provinsi dengan dana ‘nganggur’ paling tinggi di bank adalah DKI Jakarta.

Sedangkan dana ‘nganggur’ terendah di bank adalah Provinsi Sulawesi Barat.

Menurut Sri Mulyani, Pemda dengan catatan saldo ‘nganggur’  tinggi bisa terjadi karena kapasitas fiskalnya yang memang sangat besar atau karena realisasi belanjanya yang tidak optimal.

Sementara itu, daerah dengan nominal saldo ‘nganggur’ yang kecil bisa jadi belanjanya sudah optimal atau bisa juga memiliki kapasitas fiskal yang kecil sehingga nominal saldo ‘nganggur’ kecil, meskipun belanjanya tidak optimal.

Sri Mulyani meyakini penumpukan dana ‘nganggur’ Pemda di perbankan masih akan terjadi pada November ini  dan baru akan berkurang signifikan pada Desember bulan depan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *