January 28, 2023

Saron: Toko Modern Seperti Indomaret Wajib Menjual Produk UMKM

Manado, suluthebat.com – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) mengunjungi langsung salah satu Indomaret di Manado, Kamis (01/11/2022). Tujuan dari kunjungan Komisi II itu untuk memastikan bahwa produk-produk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dijual di indomaret.

Itu berdasarkan yang sudah diatur dalam Permendag No. 23 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengambangan, Penataan, dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan.

Ketua Komisi II Sandra Rondonuwu S,Th.SH mengatakan, toko modern seperti indomaret wajib menjual produk UMKM yang ada di sekitar, sebanyak 30% untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat pelaku UMKM.

“Jadi, kedatangan kami di sini untuk memastikan apakah ada tiga puluh persen produk UMKM yang dijual di tempat ini,” ujar Sandra Rondonuwu.

Anggota dewan yang akrab disapa Saron itu juga menjelaskan, setelah melihat langsung apakah produk UMKM yang dijual sudah sampai 30% atau tidak dari total penjualan barang-barang yang ada di sini, nantinya dari Komisi II akan memanggil pihak pengelola untuk mendiskusikan bersama soal produk UMKM, karena itu sudah di atur dalam peraturan menteri perdagangan.

Menurut Saron setelah dilihat yang dijual di tempat ini ternyata didapati belum mencapai 30%, sehingga hal itu menurutnya perlu di dorong karena, berbicara soal UMKM merupakan usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh masyarakat secara perseorangan maupun secara berkelompok, dan itu sangat membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

Saat ini pemerintah telah melihat dari berkembangnya prodak UMKM ini justru mampu mengentaskan kemiskinan. Oleh karena itu pemerintah begitu peduli dan telah berupaya untuk terus menopang pelaku-pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. (Pro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *